Sunday, December 29, 2013

Refleksi Perjalanan Seorang Istri dan Ibu

Timeflies so fast. Gak terasa sudah lbh dr 5 thn perjalanan panjang sy lalui mjd seorang istri dan seorang ibu gak bs dideskripsikan betapa suka citanya. Jujur aja belakangan ini sy smakin merasakan bahwa semakin anak2 bertumbuh besar semakin berat tantangan seorang ibu, hhmm mungkin menjadi seorang istri bukanlah hal yg terlalu sulit. Sy yakin istri2 diluar sana pun berpikiran demikian, krn alhamdulillah Allah mengirimkan kpd sy seorang suami yang sungguh luar biasa menyenangkan dengan segala kekurangannya. Yaahh setidaknya suami sy memiliki toleransi yg cukup besar atas segala keegoisan saya *smg gak bosen2 yaa Ayah tiap kali nemuin kejengkelan atas sikap Ibu hihihi.
Tantangan luar biasa bwt sy tentu saja untuk mjd ibu yang menyenangkan dan patut mjd teladan bwt anak2. Namun entah knp sy kok sptnya dilahirkan jd seorang yg sgt egois, egois sbg anak, adik, istri, pun egois sebagai ibu. Sepenuhnya sy yakin bahwa setiap anak adalah pribadi yang berbeda sekalipun ditubuhnya mengalir sebagian darah sy, tp knp sy gak bs memberi mreka kebebasan menentukan pilihan?? Sy selalu berpikir bhwa apapun yg sdh sy putuskan untuk kk Dinara dan dd Farabi adalah yg terbaik bagi mereka tnpa meminta pertimbangan tlebih dahulu , terutama kk Dinara yg sdh lbh mengerti dan seringkali protes. Sy ibu yang otoriter, tak segan membentak atau bahkan mencubit kk Dinara (walaupun sehabisnya sy luar bisa menyesal, smp sy mencubiti badan sy sendiri untuk meyakinkan diri bhwa sbnrnya sy mencubit bkn untuk menyakiti), ya Allah maaf yaa nak. Ibu mmng bkn Ibu yg baik utk-mu :'(
Seringkali sy baca artikel2 bagus ttg prinsip2 parenting, edukasi utk anak, dsb, tp entah knp hal2 tsb tampak sulit sekali diterapkan saat sy merasa wkt yg sy miliki sgt sempit, terutama dipagi hari saat smua hrs berjalan cepat, saat smua hrs dibereskan tepat sblm ibu brkt kerja.(untungnya regulasi di kantor ga tll mewajibkan kedatangan pukul 8 pagi sebagaimana kantor pemerintahan lainnya, krn jam plng kerja jg yg sgt fluktuatif)
Mungkin krn keegoisan td, sy ingin smua urusan anak2 sy yg tangani krn mreka akan seharian sy tinggal lgpl spy ART bs beresin urusan domestik RT spt cuci, nyapu, ngepel, selagi sy msh dirumah. Sekali lg untung sj suami tipe yg gak cerewet pagi2 minta diurusi sarapan dll, palingan sy cm (kdng2) nyiapin bj krj, sarapan jg ala kadarnya krn mmng Ayah gak biasa/rutin ngeteh ataupun ngopi dipagi hari, klo pas lg smpt bkin sarapan bwt sekeluarga yaa Ayah makan dl tp lbh sering sarapan di kantor. Krn mmng yg penting buatnya bahwa anak2 sdh diurus dg baik, shg pagi2 sdh hrs mandi, rapi, dan sarapan. Sering pula Ayah bantuin makein baju kk Dinara atau adek Farabi, plus stlhnya terburu2 brkt ktr krn sdh nyaris telat.
Menjadi Ibu mmng anugerah tak terkira, sungguh beruntung sy diberi rejeki kehamilan si kk Dinara bahkan saat sy belum sempat memohon scr mendalam, pun ketika diberi rejeki adek Farabi saat kami begitu mendamba kehadiran seorang bayi laki-laki. Allah Mahabaik. Sekiranya mesin waktu doraemon di jual di Ace Hardware ataupun Informa, semahal apapun akan sy kumpulin duit utk beli. Hny utk memperbaikin sikap2 buruk sy sbg seorang Ibu, duuhh kakak seandainya suatu saat nanti kk baca tulisan ini Ibu bnr2 mnta maaf ya kak, sering marahin kk sering cubit juga. Ketauilah nak, ibu luar biasa menyesal stlh-nya. Yang bkin ibu marah slamai cm urusan makan, gak pnh ibu marah selain drpd itu. Krn kk srng makan smbl diemut, kdng dilepeh, ibu tll syg sm kk, ibu takut kk kelaperan, ibu pgn kk sehat2 trs, kk sll ssh makan di pagi hari, saat ibu pgn brkt krja dg hati tenang krn ninggalin kalian berdua drmh dlm keadaan sehat. Ibu takut bgt klo mental kk jd down krn tll sering dimarahi, ibu jg sebetulnya takut dg jiwa pemberontak yg tampaknya ada dlm diri kk jd berakibat negatif krn keegoisan ibu.
Maaf ya kak, ibu syg kk dan adek selamanya. Mungkin terdengar klise, tp percaya dehh Ibu dan Ayah cm pgn yg terbaik utk hidup kalian, biar aja Ibu dan Ayah yg pernah ngerasain susahm biar kami yg kerja keras spy kehidupan kalian jauh lebih baik. Semoga Ibu pny bnyk waktu untuk bisa 'membeli' kesabaran itu.

Suatu Siang di Taman Suropati

Aaahh wiken kali ini terasa amat menyenangkan, stlh Sabtu kmrn kami sekeluarga plus Mbah Uti pergi ke Taman Safari, Cisarua (postingan ttg Taman Safari menyusul dehh yaa, klo lg ga males hihihihi). Hari ini tuh tb2 aja Ayah ngajak jln2 ke daerah Menteng-Masjid Sunda Kelapa, duhh mn udh hmpr jam 11 siang Ibu blm mandi dan blm masakin lauk bwt adek Farabi, jd lsg dehh gerak cepat and tadaaa kurang dr pukul stngh 1 siang kami dah nyampe di kuliner kaki lima favorit di depan Masjid Sunda Kelapa, menu yg kami pesan siang itu ttp sama spt stiap kali kami makan disitu yaitu : nasgorkam, nasi tongseng, dengan appetizer tahu gejrot dan dessert rujak buah, tak lupa 2 gelas es kelapa, krn kali ini kk Dinara ikut mk orderan kami ditambah semangkok bakso, smua makanan tsb hny menghabiskan Rp 80rb sj sodara2 !! *Pdhl yg mkn smp ssh bediri saking kenyangnya, alhamdulillah.
Habis makan kami lsg sholat dzuhur di Masjid Sunda Kelapa yg nyaman, naah berikutnya menuju lokasi Taman Menteng yg terkenal itu. Sebenarnya sih udh lama bgt kepikiran pgn ajak anak2 main2 di situ krn kami berdua sih udh lmyn srng mampir sembari lunch date saat weekday tp mmng blm pnh ajak kk dan adek. Pas kebetulan hari Minggu taman mjd sgt ramai dg berbagai komunitas, spt yg srng sy baca bhwa ada komunitas musik (biola khususnya) yg sering berlatih disitu, ada jg bbrp anak muda yg tampak sdg membuat film indie, srng pula ada kegiatan liputan tv, bnyk pula keluarga muda yg tujuannya kurang lbh sama spt kami. Tapi krn mmng sbnrnya tujuan utama kami kali ini pgn bkin foto keluarga outdoor makan Ayah lsg nyiapin kamera dan tripod, sementara kk main2 dg gelembung busa yg dibeli seharga Rp 10rb dan adek Ibu suapi mkn siang krn saat kami mkn dia tertidur pulas di gendongan. Btw Taman Suropati ini asiik bgt dehh, bersih, terawat dan asri, mngkin krn lokasinya yg sgt strategis, terletak ditengah lingkungan bbrp kedutaan asing dan bbrp rmh dinas pejabat sehingga taman ini begitu diperhatikan Dinas Kebersihan dan Pemakaman Pemprov DKI Jakarta. Kyknya perlu bgt deh dibuat ruang terbuka hijau lebih bnyk di berbagai penjuru Ibukota, spy anak2 gak melulu diajak main2 di mall. Anyway berikut ini hasil foto-foto kami hr ini *psssstt yg dipajang foto yg bgs2 aja yaa, yg jelek sihh disimpen di laptop ajahh hihihi.

 Our recent family potrait on Dec 29th, 2013



 With my girl :*



 He's soo amazing, isn't he ?




Big thanks to Ayah who made this precious moment recorded very well, luv u dear :*

Tuesday, October 29, 2013

Cuma rangkaian uneg-uneg

Barusan abis baca berita di kompas.com mengenai perilaku kekerasan seksual terhadap anak-anak perempuan di negara2 yang katanya mayoritas muslim. Huufftt, bacanya kok rasanya miris bangett :( kenapa perempuan sepertinya sama sekali tidak ada harganya, padahal mreka (laki-laki) smua muslim setidaknya mengerti ajaran2 Islam yang sangat menghargai kaum perempuan, bahkan Rasulullah pun memuliakan kaum wanita. Terlebih di berita yang barusan sy baca ktnya "kekerasan seksual thd anak perempuan meningkat mjd ribuan jumlahnya dalam kurun waktu 1 thn belakangan, astagfirullah". Katakanlah negara2 seperti : Pakistan, Afganistan, Bangladesh, juga negara2 Arab lainnya, justru tingkat kekerasan (seksual) thd wanita justru jauh lbh tinggi dari negara2 Eropa/Amerika yang sebagian besar non-muslim, lalu apakah pantas mreka yang mengaku2 umat muslim itu merasa mreka lbh baik dari kaum yg mreka sebut 'org kafir', pdhl org2 'barat' tersebut memiliki tingkat pendidikan dan peradaban yang jauh lebih baik dan tentunya menghargai wanita sebagaimana mestinya. Dan yang lebih perih, kenapa hrs anak2 perempuan sih yang jd korbannya? Alangkah masih panjang perjalanan hidup mreka. Gak kebayang gmn beratnya mengahadapi masa depan dengan kenangan buruk masa lalu yang ga mungkin bs dihapus. Terlebih ktnya di negara2 tsb, masyarakat nya justru menolak korban2 kekerasan seksual tsb hadir diantara mreka, yang konon ktnya bkin malu dan hrs dibunuh, astagfirullah.........

Mreka yang berpikiran spt itu apakah msh pantas msh disebut manusia?
Ahhh sudahlah, tulisan ini mingkin hny sebatas rangkaian uneg2 yang mungkin ga da efeknya utk siapa pun dan dimana pun, namun jauh di dlm hati sy berdoa semoga para laki-laki bejat itu dijauhkan dari pikiran dan perilaku buruk, juga smg mreka segera bertaubat dan diberikan kehidupan yang lbh baik sehingga tidak mjd ancaman bagi kaum perempuan di luar sana. Ya Allah semoga para perempuan2 diseluruh muka bumi ini diberikan kemuliaan dan diajuhkan dari hal-hal buruk. Amiinn

Friday, October 18, 2013

Milestone Farabi Usia 14 bln

Alhamdulillah anak bujang skg udh 1 tahun 2 bulan, udh bnyk banget 'kepiterannya' yg tiap hr bkin qt amazed.  Walaupun smp saat ini Farabi msh blm bs jalan tp sudah lancar merambat dengan berpegangan meja, kursi. Udah lancar naik tangga sndr, udh jago naik turun kursi kecil, plus naik meja belajar kk. Udh lmyn bnyk jg kosa kata-nya spt : 
- mama
- papa
- ayah
- mbah
- kaa (kakak)
- cica (cicak)
- nyum (minum, tp kadang srng ketuker jg sih entah mksdnya minum ato makan.....hihihi)
- nyam (makan)
- caaa (kucing, ini nihh yg jauhh bgt mksdnya tp tiap liat kucing dia sll blg 'caaa' smbl loncat2 girang)

Farabi jg doyan banget jus buah, disamping ASIP dan ASI jg stlh 4bln terakhir si adek dibantu sm susu kaleng, terpaksa krn produksi ASIP fluktuatif bgt euuyy. Tapi Ibu ttp usahakan adek ASI hingga minimal 2 thn. Farabi skg jg udh bs jd tmn main kk Dinara, anteng dehh kl tuh anak b2 dikasih mainan satu box *yaahh walopun cm anteng bbrp menit lmynlah bwt me time Ibu smbl browsing2 hehehe. 
Klo ditanyain " dek, yg namanya Farabi yg mn?" pasti dia lsg tunjuk dada-nya hihihi, udh tau juga klo disuruh tunjuk anggota tubuh spt kaki, tangan, gigi, kepala, dsb. Trs td jg si mba Ida cerita klo lg mandi Farabi ikutan pencet botol sabun trs gosok2 badan, sm klo pas gosok gigi brng Ibu dia rebutan mo gosok gigi sendiri.
Yang lucu nihh klo kk sdg belajar si adek ikut2an ngeja huruf smbl nunjuk2 buku " aa....baa", "baa...aa" trs ikutan corat coret buku smp si kk ngamuk2 hahaha.
Cm berat badan aja nih yg perlu jd catatan Ibu, krn td pagi pas nimbang di posyandu blnan tnyt adek beratnya cm 9an kg, pdhl kan usia 1 thn beratnya minimal 3x berat lahir, lha secara adek aja lahir 3,6kg jd kan hrsnya skg beratnya udh 10 kg lebih. Apa mngkin krn bbrp hr blkngan si adek ssh bgt makan yaa, huhuhu Ibu jd sedih.
Tambah sehaat dan cepet bs jalan yaa adekk, ntr qt olahraga brng smbil lari-lari ^_^



Wednesday, October 16, 2013

(Late Post) Happy 5th years anniversary

Postingan ini hrsnya disubmit 2 minggu yll bertepatan dengan hari ulang tahun perkawinan kami yang ke-5 tanggal 5 Oktober 2013, iyaaaaaa YANG KELIMA *penting yaa smp hrs di-capslock gitu hihihihi
Gak ada perayaan khusus untuk hari spesial kali ini, gak ada kue, gak ada tiup lilin juga krn jujur sj kami berdua hampir sj lupa bhwa hr tsb adl 'hari yang bersejarah' untuk kami berdua. Sebenarnya pernah kepikiran untuk bkin candle light dinner berdua sj krn jarang banget kami pergi berdua sj kecuali saat sesekali  makan siang brng. Tapi stlh kami pikir2 kok kasian juga yaa ninggalin kk dan adek dirumah yang kebetulan hari itu adalah hari Sabtu, terlebih memang kami telah terbiasa pergi kemana-mana selalu satu paket lengkap berempat ....hehehehe. Jadilah hari itu kami makan malam di restoran steak yang gak jauh dari rumah, tapi ohh tapi rencana gak berjalan lancar krn saat direstoran tnyta si kk tiba2 sakit gigi, dan adek lg rewel gak mau makan pdhl udh bawa2 makanan dari rmh, huuufftt sampe2 si Ayah kesel sendiri....hihihi. Tapi gapapa hari ini akan selalu kami ingat entah 5, 10, 15, atopun 20 thn lagi bahwa kami pernah mengalami kesempatan yang luar biasa membesarkan anak2 hebat !!
Alhamdulillah ya Allah semua yang kami inginkan sdh terwujud selama 5 lima tahun ini, berkah yang luar biasa tentunya dikaruniai sepasang anak2 yang lucu, sehat, dan cerdas. Semoga kami selalu bisa mendampingi dan menjadi orang tua yang pantas menjadi teladan bagi mereka ya Allah.....amiin. Secara materi pun sungguh Allah Mahabaik telah melimpahi kami dengan rizki yang tiada terkira, Alhamdulillah harapan kami agar tahun ini bisa memiliki rumah sendiri telah terwujud *walaupun cicilan rumah br lunas 20 thn lagi (-____-). Yahh rumah mungil di Mahagoni Park Sektor 9 sdh resmi atas nama Bp. Budi Satrio, kiss kiss Ayah :* :* Kendaraan roda 4 pun sdh bisa melindungi kami sekeluarga dari hujan dan panas saat bepergian. Alhamdulillah ya Allah memiliki sesuatu dari hasil jerih payah sendiri itu rasanya mmng sesuatuuuu, mungkin ada bagusnya juga kami berasal dari keluarga yang biasa-biasa sehingga 'mengharuskan' kami berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai seusatu dengan usaha sendiri secara maksimal.
Terimakasih ya Allah telah mengirimkan kpdku seorang suami yang luar biasa.
Love u as always Ayaaahh :* :*

Tuesday, October 1, 2013

Perdana Bikin Pancake

Jadi ceritanya udah lamaaa bgt pengen bkin pancake, tp khawatir kk gak doyan krn emang gak pernah nyobain sblmnya dan Ibu jg gak tertarik samasekali utk makan pancake di resto pancake yang tersohor itu yg bnyk bertebaran di mall-mall elit, abisnya males amat dehh cm mkn pancake doang mahal-mahal *dasar yaa emak2 medit hihihihi.
Naahh ceritanya, mlm sblm bkin pancake ini si kk nangis krn martabak manis keju yg dbeliin Ayah udh Ibu suruh Mbah Uti dan Mba Ida yang abisin krn udh tnggl 4 potong doang, pdhl dia dh nyiapin minum berdua Ibu mo ajak mkn martabak brng....hihihi.
Akhirnya dibujuk sm si Mbah mo dibeliin ice cream baru dehh dia anteng, trs Ibu blg bsk pagi Ibu janji bkinin martabak manis mini "tp aq maunya yg kejuu ya buu" sipp deh kak.
Pagi-pagi coba browsing resep ehh kok kyknya bahan-bahan tersedia dirumah dan kyknya directions-nya gak susah eeeh tapi-tapii tnyta drmh gak pny ragi instan, muter-muter warung dkt rmh jg gak ada. Ooohhh yasudahlah puter otak dong, akhirnya dpt ide bkin pancake ajalah krn nemu resep di blog ini  naah pas bgt kan lgpl soale pancake kan mirip jg sm martabak manis .....hihihi. Kebetulan bahan-bahan smua udh siap, bismillah smg berhasil ^^
Sambil nunggu kk bangun, adonan sengaja didiemin dl spy lbh bgs ngembangnya, btw dr takaran resep di contekan ituu Ibu cm pake setengahnya krn tkt kebanyakan. Pas kk bangun Ibu ajakin bkin dehh, ehh dia seneng bgt mau bkin sendiri pancake-nya di wajan pas mo dibalik eehh pd jatoh dr wajan.... dohh!! (-___-) *gpp ya kak namanya jg belajar ^^
Peer bgt deh bwt Ibu skg utk bs lebih sabar dan ngomong lbh lembut sm anak2 walo emosi udh diubun-ubun....pfiuuhh.

Btw ini salinan resepnya yahh dg takaran yang sdh disesuaikan :

Bahan Pancake :
- 100 gram tepung terigu protein sedang 
- 100 ml susu cair 
- 25 gram mentega tawar, lelehkan
- 1 butir telur, kocok lepas
- 1 sendok makan gula pasir halus 
- 1/4 sendok teh garam 
- 1 sendok teh baking powder 
- Pan / Wajan datar anti lengket 

Cara Membuat:

1. Campur tepung terigu, gula pasir, garam, dan baking powder. Aduk rata.
2. Tuang campuran telur dan susu cair. Aduk sampai adonan tercampur rata dan lembut dengan spatula atau pengocok tangan (whisk). Tambahkan mentega cair, aduk kembali hingga rata. Diamkan adonan sesaat (sekitar 5 menit)

3. Panaskan pan / wajan dengan api sedang. Tuang sekitar 1-2 sendok sayur adonan pancake ke dalam wajan datar anti lengket selama 2-5 menit, hingga pancake terlihat mengembang atau hingga bagian bawahnya berkulit kecokelatan. Balik pancake sampai sisi satunya juga berkulit kecokelatan. Angkat. Biarkan dingin.
4. Sajikan Pancake dengan topping sesuai selera.


Untuk takaran diatas jadinya sekitar 6 pcs pancake spt digambar tp Ibu cm bkin 4 pcs krn tkt gak abis, trs sisa adonan disimpan diwadah tertutup dilemari es. Nah utk topping Ibu sesuaikan dengan request-nya kk Dinara, yaitu : Lapis I : selai cokelat, Lapis II : butter dan keju parut, Lapis III : butter dan selai cokelat, Lapis IV : madu.
Alhamdulillah kk doyaaann, dan hr ini jdnya bkin lg buat bekal sekolah ditambah pudding cokelat susu ^^



Friday, September 20, 2013

(Lagi) Curhat

Pffiiuuhhhh, load kerja akhir-akhir ini sungguh menyita waktu dan perasaan. Kalo dipikir2 paket2 terkontrak thn ini mmng luar biasa bnyknya, blm lg krn lokasinya tersebar diseluruh Indonesia, luaarr biasa mmng Satker PPLP Strategis ini. Belum lagi skg sdg ada Auditor, tambah bkin kepala ngebul !!!
Kl udh begini rasanya kadang pgn cuti sementara aja dehh, pgn ngajuin 'cuti diluar tanggungan negara'. Soalnya klo terus2an kyk gini kok yaa hati rasanya gak tenang, di kantor tp kepikiran anak2 dirumah, tp pas drmh msh aja kepikiran urusan kantor. Kasian jg kadang hampir tiap hari dtanyai si kk "Ibu hr ini liburr gak?" ato dia blg gini "aq seneeng dehh klo Ibu hr ini libur".......huhuhu anakku, andai Ibu bs nemenin kalian tiap hari. Tapi Ibu sudah memilih jalan ini, gak nyesel sih gak komplain jg, biar gmn hasil dari jerih payah yg ga seberapa ini bs membantu perekonomian keluarga. Ibu&Ayah pgn adek dan kk bs skolah di Al-Azhar (insyaallah), kami jg pgn bs menyediakan tempat tinggal yang nyaman buat anak2 dan sarana transportasi yang lebih baik. Ya Allah smg aplikasi beasiswa Bappenas Ibu disetujui jd setidaknya 'masa istirahat' itu bs Ibu manfaatin bwt belajar, skalian me-refresh otak yg udah lama banget ga dipake bwt mikir berat........heheheh. Terlebih bbrp minggu belakangan Ibu jd lbh sering sakit2an, badan sering terasa pegal2, anget, meriang, masuk angin, nge-gereges, whatever you name it!! 
Mungkin bener kt Ayah, Ibu mulai stress, stress dikantor, stress di jalan, akhirnya bkin stress dirumah juga, bawaannya sm emosi terus sm kk : ( *maafin Ibu yaa nak.
Sepertinya kk mmng butuh perhatian lebih dari Ibu, akhir2 ini pas pulang kerja Ibu rasanya udh kepingin lsg istrirahat sambil peluk dan nyusuin adek (yg kadang2 jg susaaahhnyaa minta ampuun kl mo diajak tidur), sdgkan kk msh kepingin main2 dl, belajar dl, baca2 buku, ato kadang ada-adaa aja alasannya klo mo diajak tidur. Hhhmm.....harusnya sih Ibu bs ngertiin yaa bahwa masa kanak-kanak kalian mmng demikian adanya, aaahhh anakku ketahuilah Ibu mmng tak sempurna tapi satu yang pasti Ibu lakukan yang terbaik utk kalian (dg ridho-Mu ya Allah)

Weekend on duty

Ohh ya ampuun tnyt ini tuh hr minggu yaa, dan knp sy bs berada di R. Tunggu VIP Bandara Sultan Salahuddin, Kota Bima - NTB ??? Aahh maaf yaa Ayah, kk, adek... Kalian hrs kehilangan Ibu weekend ini krn tugas negara *halaah
Jd ceritanya Ibu ditugaskan utk nemenin Tim Auditor utk ng- audit pek. Pemb ITF Kota Bima, sbnrnya Direksi Teknis kerjaan ini tuh si Neno (rekan satu ruangan Ibu) tp bhubung dia sdg skt tipus dan plu pemulihan bminggu2 jadilah Ibu  yg ditgskan utk mengambilalih. Tp yasudahlah, apa blh buat krn pak bos bu bos sdh mempercayakan dan mngkin menganggap Ibu mampu, terima nasib sajalah *edisipasrahkarenatugas
Untungnya pny suami sehebat Ayah, yg sll siap ngedukung Ibu dan mau repot urus anak2 smntr Ibu ga da dan untungnya pl Ayah sdh blk dr site stlh acara groundbreaking di lokasi site Bayah, Kab. Lebak. Jd kmrn pagi subuh2 Ibu dianter Ayah ke Bandara Soetta dan rencananya sore ini akan dijemput, yeaayy. Tp pswt bakal delay 1 jam, hadeuuh gpplah 1 jam sih msh msk akal apalagi terbang pk si Singa Terbang krn memang Rute Bima - Jkt dan sebaliknya belum tercover sm layanan Garuda Indonesia, dan mmng blm ada penerbangan langsung jg sih di rute itu. Ini aja dptny pswt Bima-Denpasar, Denpasar-Jkt ssh bgt cr jdwl sesuai, dah gt ga bs pilih2 penerbangan lhaa scr Bandara Kota Bima ini aja kyk gada kehidupan penerbangan. Sepiii ajah.......
Aaaahh i can't wait for tomorrow, but i wanna still pending for Monday's arrival (-__-)

Sunday, September 8, 2013

Weekend getaway to Ancol (lagii)

Hari Sabtu kmrn ceritanya mo nepatin janji sm kk Dinara mo ktmu hippo di Gelanggang Samudera, Ancol. Begitu bayar di pos masuk Ancol kebetulan kk dan adek lg pd tidur, dan kami hny brkt berempat sj, kmdn ada sdkt diskusi ;
Ayah : "yakin bu mo msk gelanggang samudera, mahal loh"
Ibu   : "hhhmm, iyya sih, brp sih skg"
Ayah : " kyknya 120an dehh per org, lgpl kan kk udh bayar skg"
Ibu   : " ahh iyya kan qt skg lg ngirit, yaa? ywdh dehh, kl gt ntr klo kk bangun blgin aja kl si hippo lg jln2 yaah liburan sm ayah ibunya"
Ayah : "boleh jugaa, jd qt puter2 ancol ajaa nih yaa"
Ibu   : "sipp. yg ptg kan qt dah ajak anak2 jln2, hihihihi"
*nasib wiken ngirit :p
Jadi seharian kmrn kami main2 dipinggir pantai, si kk Dinara udh seneng bgt bs main pasir2an dg mainan seadanya krn emg kami gak prepare, main ayunan, liat2 ikan dan ubur2 dipinggir pantai, dan diakhiri dg makan french fries dan burger, serta es krim favoritnya, pastinya foto-foto sll msk dlm list kegiatan yg kami lakukan, tp sygnya pas sesi foto-foto di 'jembatan cinta' adek Farabi bobo puless bgt, jd gak ada fotonya Farabi dehh.










Monday, August 26, 2013

68 th Independence Day Celebration @Wadassari

Acara tujuhbelasan di RT 08 RW 02 Wadassari thn ini berlangsung cukup meriah. Acara yg dilaksanakan oleh Karang Taruna thn ini cukup rame diikuti anak2 dan orang tua sesuai kategori acara. Pada hari Sabtu tanggal 17 Agustus 2013 acara dimulai jam 8 pagi dengan berbagai perlombaan diantaranya lomba mewarnai, menggambar, jepit kelereng, dan lomba makan kerupuk. Kk Dinara ikutan lomba mewarnai, Ibu sih ga ngarepin kk menang kok cm spy dia berpartisipasi aja dan semangat ikut lomba2 spy itu lgpl pun ketika dia gak menang dia jd mengerti bhw ga smua yg dia mau akan terwujud. Yaa secara yaa si Dinara ini anaknya ngeyel minta ampun, dan dia punya Ibu yg cenderung egois jadilah acara "pemaksaan" terulang kembali, ceritanya Kk ngotot mo pake pensil warna, dan Ibu nyaranin (cenderung maksa) spy pake crayon krn biar cepet slesai, terjadilah dialog yg cukup alot :
Ibu :"kak, pk krayon aja nak, biar cpt"
Kk :"gak ah pake pensil warna aja, kan cepet juga"
Ibu :" tuh liat, nabila sm devina jg pake krayon udh mo slesai"
Kk :"pk pensil warna juga cpt kok"
Ibu : ---yasudahlah---

Gak nyampe semenit kemudian,
Kk :" buu, tangan aq pegel banget niihh, udahan ahh"
Ibu : " yaaa kakaaak, kan Ibu blg jg apa, blm jg separo yg dikerjain"

Pdhl 5 menit lg batas waktunya udh mo abis.
Ibu : "ya udah deh sana kk kumpulin aja sm om panitia-nya"
*sambil dongkol

Sabaaaarr yaa buu jd ortu gak boleh maksaa. *self reminder

Siangnya Kk Dinara ikutan lomba jepit kelereng, tp blm nyampe 1 rit si kelereng udh jatoh.....hihihihi. Lhaa secara lawannya anak2 yg lebih gede smua.

Naahh, hari Minggu nih yang ditunggu2 krn hr ini ada lomba sepeda hias sore harinya. Yang semangat sihh sebenernya Ayah sm Ibu, klo anaknya mah biasa2 ajah. udh diniatin bwt ngehias dr mlm sblmnya tp biasaa rencana tinggal rencana. Hias menghias br terealisasi di hari Minggu pagi, si Ayah solo karir krn Ibu sibuk "membabu", lbh setengah hari akhirnya sepeda slesai dihias 'ala kadarnya' yg penting si kk bs rame2 keliling kampung brng tmn2. Ayah, Ibu, dan Adek ngintilin bareng2 dr belakang dan mengabadikan momen seru tsb. Yeeaayy we had so much fun that day.


                                                                 Sepeda Burung Merak


                                                            Persiapan Menjelang Lomba


                                                          Adek Farabi jd cheerleader Kk

Monday, August 19, 2013

Lebaran 1434 H

Cerita Lebaran thn ini kami kembali pulkam ke Palembang tp kali ini sudah berempat, yaayyy !! 
Perjlnan mudik ini agak lain krn kami memutuskan lewat darat yg mn hrs pny persiapan ekstra krn bepergian dg jarak tempuh ratusan kilometer bersama seorang balita dan bayi. Secara keseluruhan sih alhamdulillah smua berjalan lancar dan sesuai rencana walo agak kasian jg liat si Ayah nyetir sndr sepanjang perjalanan, untung kami memilih brkt lbh awal dan di malam hari spy anak2 gak rewel dan tidur pulas selama perjalanan. Saat berkangkat kami sengaja mampir di Bandar Lampung selama 2 hari krn Ibu kangen pgn liat kampus FT Unila tercinta, dan kebetulan tnyt si Ayah ada acara bukber skaligus reuni dadakan brng tmn2 angkatannya include anak istri. Dan jadilah acara tsb rameee sm bocah2 yg gak brenti minta main di playground yg disediakan resto tsb, seruu sih krn mmng sebagian besar dr kami sdh pd saling kenal.
Alhamdulillah perjalanan baik Jkt-Lpg, maupun Lpg-Plmbng dan sebaliknya lancar sesuai rencana. Senangnya bs berkumpul brng kluarga besar, Ibu, Papa, kakak2, saudara ipar, dan keponakan2 yg jmlhnya belasa....hahaha. Momen ini sungguh sgt berharga krn bs dblg kami smua bs berkumpul hny pd saat Hari Raya, walaupun thn ini jg kami gak lengkap krn Mangcik yg tinggal di P. Bangka hny plng bersama Zacky, putra pertamanya.
Tp kyknya Ibu jd pikir2 nih utk plng mudik thn depan klo mo bw kendaraan lg kyknya gak sanggup deh, rempoong euyy, blm lg anak2 pd skt mngkin krn kecapekan. Sptnya thn depan kami hrs mempertimbangkan utk plng ke Palembang paska Hari Raya spy dpt tiket yg agak murah dan anak2 bs lbh nyaman. Mudah2an Yai dan Nyai sehat2 terus ya Allah.

Bareng Yai dan Nyai

Big Family

Thursday, July 4, 2013

Sekedar berbagi

How time flies when we lived in hectic J-town
Setelah bertahun-tahun (hhmm br 5 thn sikk) hidup dan mencari nafkah di Jkt br kali ini sy merasakan lelahnya perjalanan pergi dan pulang kerja. Kadang ingin rasanya cuti bbrp wkt utk sekedar menikmati masa-masa kanak-kanak Dinara dan Farabi. Entah knp tiba2 merasa melankolis begini tp kok rasanya sedih aja ga bs lagi mendampingi keseharian mreka, dan gak kerasa tnyt skg kk Dinara udh mo naik TK A aja. Rasanya pingiin bgt pny bnyk wkt menemani kk belajar dan berkreatifitas, tp setibanya sore hari drmh kok rasanya udh gada wkt lg untuk ini itu, pdhl begitu nyampe drmh lsg beraktifitas urusan domestik RT. Mandi, sholat, gendong dan nyusuin Farabi, makan mlm, beberes2, ngajak anak2 main, ehh tau2 udh jam 9 aja, dan ini mata udh sepet bgt ga bs diajak kompromi. Saat ibu udh ngantuk2nya, si kk msh aja seger ngajak main. Duhh maafin ibu yaa nak.
Rasanya sy tll takut salah dlm mendidik kk Dinara ini, dia ini tipenya periang, kreatif, kecerdasan sosialnya bgs, tp dia jg perasa, dan tampak pny ‘jiwa dewasa’. Walaupun terkadang masa kanak2 itu memang butuh ekstra kesabaran dari tiap2 orang tua tp ttp sj terkadang sulit untuk mengendalikan diri saat apa yg kita harapakan mreka untuk lakukan tnyt gak sesuai yg qt mau. Betapa sy Ibu yg sangat egois.
Somehow, kadang sy pikir bullshit lah dg segala ilmu2 dr seminar parenting2 itu (maaf sy hrs jujur), krn saat qt dihadapkan lsg dg situasi yg serba kompleks ; anak2 lg riweuh, kerjaan d ktr numpuk, manajemen wkt ga bgs, badan lg ngedrop, saat itu jg tnp sengaja anak ‘menjadi korban’, yaa gak smp ke fisik sih emg, klo pun iya paling cm 'ditowel' doang.....hihihi, intinya gak smp nyakitin anaklah krn biar gmn sy sadar bgt efek psikologisnya ke anak klo tll srng dimarahi. Kadang sedih banget klo inget pernah ngebentak Dinara krn makan gak abis2 pdhl udh telat ngejar kereta mo brkt k kntr, smntr si adek udh nangis2 mnta disusuin-dan setelah berjam-jam disusuin akhirnya dia ga jd tidur.  Lebih sedih lg Dinara pnh blg gini "jgn marah2 kek bu sm aq, ntr Allah marah jg  lohh sm ibu", rasanya super #jleebb. 

Pfiuuhh tp itulah seninya menjadi Ibu, yang ga smua orang bs ngerasain-nya. Subhanallah

Puji syukur ya Allah, smg Engkau berkenan membimbingku untuk sll mjd orang tua panutan bagi anak2ku. amin

Wednesday, June 26, 2013

Pentas Seni Kk Dinara

Duhh, sbnrnya acara Pentas Seni (Pensi) ini sdh dilaksanakan hmpr 1 bln yll tp br smpt diposting skrg, maklum org (sok) sibuk :p Acara Pensi ini menandakan akhir thn ajaran 2012/2013, artinya kk Dinara thn ini ntr naik kls TK A....yeayyy.
Saat pembagian 'raport' pun hasilnya bgs, sdh lmyn bnyk kemajuan dibandingkan bbrp bln sblmnya, bu guru jg blg kk Dinara tmbh pinter, tp tmbh 'rusuh' jg dikelas (lari-larian mulu!!) dasar bocah yaa....hihihi.
Anyway back to Pensi, yg untungnya dilaksanakan hari Sabtu dan disekolah jd Ayah Ibu bs hadir dan mendokumentasikan acara "sakral' ini :D. Ternyata kami dtg agak terlambat, dimana pas wkt udh dtg anak2 lain sdh pd siap dg perlengkapan yg walaupun ala kadarnya tp ttp bkin anak2 excited. Tdnya kami agak khawatir apakah anak2 Playgroup ini bs diarahkan mengingat kelakuan mreka yg "ajaib' tp alhmdlh smua bjln lancar walaupun anak2 PG  kebagian manggung dg porsi yg jauh lbh sedikit drpd anak2 TK.
Selamat yaa kk cantik, smg thn berikutnya kk lbh baik dan bs dpt piala anak berprestasi.........amiin.









Tuesday, May 28, 2013

Cerita tadi pagi

Jadi ceritanya td pagi tuh qt smua bangun kesiangan, si Ayah udh tau mo brkt pagi k kntr krn lsg mo kluar kota eh malah ikut2an kesiangan jg, bangun2 tnyt udh hmpr jam 6........... doohh.
Yasud pasti deh tuh riweuh pagi2, bgtu bgn ibu lsg masak aer bwt mandi anak2 trs masak bubur bwt adek, dan krn ga smpt masak dan Ayah jg udh ga bkal smpt sarapan jd cm bkin minum aja bwt si Ayah. Pas Farabi bangun lsg ibu siapin bwt mandi, udh bersih sabunan trs bilas Farabi Ibu tinggal berendem di bak bebek pemberian Wak Ujuk. Abis itu ibu bkin bubur oatmeal (yg akan dicampur alpukat dan susu) smbl ngeliatin dd mainan di bak mandi. Trs si kk yg udh bangun dan lagi males2an ntn tv, begitu tau adeknya mandi si bak bebek lsg nyeletuk "ibu aq mau mandi brng adek yaa", lsg ibu jwb "ohh yaa lsg buka baju trs taro di keranjang bj kotor yaa", kok tumben yaa pikir ibu, anak ini lsg inisiatif sndr tp yasud bgs dehh :D
Smbil beresin kamar, dan ngecek bubur di panci yg udh mau mateng trs melongok ke jendela yg nembus ke tempat Farabi berendem ehh 'nemu' si kk tnyt ikutan berendem di bak yg sama dg  adek.
Ya ampuunn kakaakk rusuhh banget siihh udh tau bak mandinya kecil ttp aja maksa
 (-__-)!!





Monday, May 20, 2013

'Family Gathering" at Nextage Tea Garden Resort, Subang, Jawa Barat

Last week we had so much fun, when we took a trip to West Java. Our family vacation included my office-mates Egis and Retno. We've planned for this trip from the months before, after i bought voucher from LivingSocial.com When i saw the advertisement, suddenly i thought that this place gonne be so great for holiday, and then i read the reviews from TripAdvisor.com  suprisingly i found many reviews told that this place were so intersing, most of them feel satisfied. Honestly, i feel doubt coz several times get disappointed from LivingSocial.com offering. But this time i just thought that i have to buy, with a little bit speculated. After got Ayah's approval, and then the voucher sent to me.....ihhiiyy. Let's have so vacation.
I've booked the room from 2 weeks before as their suggestion, so when we went on Saturday, 18th May, 2013 we already got the very first room. We went from home at 7am, and then pick up both Egis & Retno at our office, which became the middle place before entering toll road towards Subang. Alhamdulillah it was a bright shinny day, and the kids was so calm, but unfortunately after 3 and a half hours riding kk Dinara got carsick two times, maybe because the air in the cabin and the road situation also traffic jam made her feel so dizzy, poor Dinara :(
Honestly i feel a little bit upset, coz i can't help her while Farabi sleeping in my arms. Thanks God Egis and Retno help to clean up her cloth and car seat. Suddenly Ayah found gas station, and we went to the toilet to clean up everything. Somehow i feel that this trip was too far, and we've just get into the car too long so that the kids feel so bored. This is just out of my mind, coz we've never got to this place before. Our trip just rely on the map and navigation from smartphone, and also sign board, and got called the resort's recepcionist to make sure that our way was right. Finally we've got there at 12.30pm, after got some lunch at Purwakarta.
Nextage Tea Garden Resort located at Dusun Cigeurenug Desa Cicadas Kec Sagala Herang, Kab Subang Jawa Barat, this is kinda luxury and comfort, highland villa with modern minimalist design cottage. The cottages equipped with 2 rooms and 1 bathroom, stone fire place, kitchen, cooking tools and utilities, 'tatami' space, roof deck. Outdoor facilities such as swimming pool and jacuzzi for free, tennis court, tea walk, and some kiddy activities such as ceramics and batik studio, etc. And the best thing is the tea garden view and paddy fields in front of your room.
Unfortunately, we've just feel so disappointed with the menus. For dinner we ordered from the hotel some variant menu for fourth of us. I ordered oxtail soup, while hubby ordered cap cay with rice, Egis ordered mie kocok, and Retno ordered some firedrice. We thought that with that expensive cost for average @50rb IDR exclude PPN, they should have great taste. But the meals have no taste at all, but we have no choice if we wannna go out we have to go so far from the resorts.
But overall we just soo happy with the facilities and resorts's view. So relax and fun.
Here are the photos :)























Sunday, March 24, 2013

Dear Dinara.........

Dear Dinara, sdh 3 th 8 bln 13 hari kami lalui hari2 menyenangkan bersamamu nak, msh ingat rasanya saat pertama melihatmu hadir ke dunia rasa tak percaya bahwa kami berdua sdh sah mjd "Ibu" dan "Ayah'. Kami sadar betapa berat tanggung jawab menjadi orang tua, tapi sungguh kami ikhlas menjadi bagian dari hidupmu bahkan teramat sangat merasa diberkahi . Tak terkira rasa syukur yg Ayah dan Ibu panjatkan atas karunia Allah yg begitu indah melalui dirimu. Semakin hari semakin pinter, makin centil, makin bawel, dan makin gemes (walo kdng2 mkin bkin Ibu senewen.....hahaha). Paska kehadiran dede Farabi, kk Dinara pun makin menunjukkan 'kedewasaannya' sbg kakak. Dear anak gadisku yg cantik, maafin Ibu yaa nak yg seringkali tdk mau memahami apa inginmu dan terlalu egois dlm menghadapi sikap kanak-kanakmu. Ibu hny ingin yg terbaik untukmu, yaahh mngkin ini terdengar sgt klise, mngkin saat engkau membaca ini pun msh blm bs paham apa yg Ibu maksud. Tapi percayalah saat engkau sdh berada di posisi Ibu, baru mngkin akan lbh sdkit paham apa yg Ibu maksud. Sungguh Ibu merasa menyesal teramat sangat setiap kali habis memarahimu (atau bahkan membentakmu), jika ada yg bs Ibu lakukan untuk memperbaiki hal tsb pasti akan Ibu lakuin syg. Setiap kali abis memarahimu, Ibu sll blg ke Ayah betapa Ibu menyesal, setiap air matamu benar2 menyayat hati Ibu. Maafkan Ibu syg, dengan terbatasnya waktu yang Ibu miliki dan harus membaginya dengan hal-hal lain, disamping sikap (sok) perfeksionis Ibu. Sunggguh Ibu hny ingin memberikan yg terbaik untuk kakak dan adek.
Maafkan yaa nak, Ibu janji sebisa mungkin bersikap lbh sabar. Tolong jgn ikutin sikap buruk Ibu. Smg msh ada hal-hal baik dari Ibu yg bs kau teladani.
Ibu sll syg kalian smp kapanpun dan akan sll berusaha mjd Ibu terbaik buat kalian berdua.
Ya Allah smg Engkau meridhoi niatku. Amin

Monday, March 18, 2013

Perjalanan MPASI Farabi

Alhamdulillah saat ini Farabi sdh memasuki usia 7,5 bln, tumbuh sehat, cerdas, ceria yaa nak. Skg mknnya makin bnyk lohh, saat usia 6bln kan frekuensi mkn hny 2x, yaitu 1x carbo sederhana dan 1 x buah  saat pagi dan sore hari . Nah memasuki usia 7 bln ini freq. mkn sdh 3x, yaitu 2x bubur tim saring di pagi dan sore hari, dan 1x buah di siang hari. Sejak memberdayakan si Takahi Slow Cooker, variasi makanan Farabi jd lbh bnyk, tinggal cemplung-cemplung saat malam hr sblm tidur trs pas bangun subuh jadi dehh bubur tim tinggal disaring......ihiiiyyy. So far, aneka variasi yg udh di lahap si jagoan kecil :

Usia 6 bln :
- puree aneka buah : puree alpukat, pear (kukus), apel (kukus), pisang, pepaya, melon, melon orange. Atau 2 mcm buah2 tsb di combine. Nahh, sasaran brikutnya ini yaitu buah kiwi, dan buah naga. *noted !!
- karbohidrat sederhana : puree (sblmnya dikukus) ubi , ubi merah, kentang, labu parang, bubur gasol beras merah, bubur jagung (homemade), bubur kcg ijo. Ditambah aneka sayuran (sdkt), wortel, brokoli, buncis.
Saat usia 6bln ini aneka puree msh ditambah ASIP.

Usia 7 bln :
- Bubur tim beras merah-daging-tempe-sayuran
- Bubur tim beras merah-ayam-tofu-sayuran
- Bubur tim-ati ayam-ceker-sayuran
- Bubur tim-ayam-kuning telur-sayuran
* sayuran disni yg biasa dipake yaitu kombinasi buncis, tomat, wortel, brokoli, kembang kol (aneka sayuran ini sll ada di kulkas soalnya).
Berikutnya target yg hrs di coba yaitu ikan *noted.

Alhamdulillah sejauh ini, acara makan lancar2 ajah. pagi hr dd Farabi Ibu yg suapin. Siang dan sore yg suapin mb Ida, bdasarkan laporan sih mknnya jg bgs sll dihabiskan cm emg kadang2 suka disembur atau klo emg dia udh kenyang itu mulut ditutup rapat, kadang bahkan mknan disimpen aja dlm mulut trs kluar lg mll pinggiran bibirnya......hhahaha. Sabaaarrr *mg2 mb Ida jg sabar deh.....hihihi
Tp so far MPASI Farabi yg paling ekstrim itu, puree kentang dicampur jus melon, sampe2 Ayah pas liat aja jd ilfil....., trs dia komentar " yaa ampuunn, anak gw dikasih mkn apa sihh ituu ?"......hahahaha.
Pdhl mah anaknya aja, doyan bin lahap. You did it great son, mommy luv u.
Bsk ahh bkin saus jagung buat dibekuin pk baby cubes dkit, scr yaa itu baby cubes dibeli mahal2 blm pnh dipake.....hihihi. Soalnya utk kaldu2an Ibu prefer campur lsg daging, ayam, ati, dan ceker ke dlm bubur beras spy dpt kaldu dan skalian lauknya. Ohh iyyaa, sengaja utk berasnya Ibu pk beras merah dicampur beras biasa, udh nyetok beras merah organik nihh soalnya special for you dear son :*

Wednesday, March 13, 2013

Super Fun Weekend at Puncak

Last weekend was a great family vacation time, suprisingly Ayah took us to Puncak for 1 night and 2 days. Even this is not the first visit for us coz i already forgot how many times we've came here, but there were never bored to go there coz of the scenery, the air, the foods, and many more except the traffic jam. We've got off from home at 6.45am on Saturday so that we'll get extra time to avoid the horrible traffic jam at Puncak, of course that is not a easy things to do, to prepare the kiddos in the hectic morning besides i'm not packing yet, the clothes for 4 of us, toiletries, and of course Farabi's meal. Since he got his first homemade meal at 6 mo, so i've to prepare some easy peasy menu to take such as simple carbo and fruits which was strained. At night before the day Ayah already booked the hotel at Grand Prioritas Hotel, we've found that from here : http://www.grandprioritashotel.com/. From the website we could guess that it is a well maintenance hotel management, but unfortunately the real room condition not as great as the picture published, althought it is equipped with swimming pool, kiddie playgroud, and  right on the side of main road, and they gave free riding horse which made Dinara really excited. Honestly i  was a little bit disappointed coz i wish the hotel room as luxurious as the picture shows, but we've found that it was more like simple guesthouse, specially at room we've got at superior room with twin bed (cottage building). I wish we should got more with room rate IDR 374.000/night, but generally it was a good family hotel especially when you brings your kids, they provide mini playground, free horse riding, good breakfast buffet, and the room fairly clean and spacey with hot water shower. But the good things that we could check in at 10 am, so that we could got more extra time to take a rest after long trip. We checked out at 11am at Sunday to continue our trip to explore another Puncak interesting place, so we decided to go to Gunung Mas Tea Plantation coz we never got there before, we paid IDR 20.000 for couple adults include car and kids free, cheap enough right ??
It was not a bad decision at all, eventhough it was just like a common tea plantation but it's a really cozy place with good scenery and fresh air. When we touched down suddenly we bought Dinara a kite, yeaayy real kite with IDR 20.000 include the rope. Ayah made it fly as soon as we parked the car, while Farabi took asleep there of us having fun with the kite and wind.
Well thank you Ayah for your own idea to took us for vacation :*

Entrance view from our cottage

Horse Riding

Cah lanang ^^

She loves playgorund

At Gunung Mas Tea Plantation

Let's fly the kite ^^





Our Precious






# Dinara Nandhini Alifia (3,7 yo)
# Thoriq Muhammad Farabi (6 mo)