Monday, April 27, 2015

Weaning Farabi with Love

Alhamdulillah akhirnya Farabi beneran udah ga "mimika tikun" lagi, udah 3 (minggu) ini udah ga pernah nanyain lagi loh tiap menjelang tidur. Walaupun sebenarnya frekuensi nge-ASI nya udh ga seberapa lagi krn sejak pertengahan Januari 2015 kan udah mulai ditinggal ke Bandung selama 3-4 hari per minggu krn aktivitas perkuliahan Ibu, tapi biasanya kalo udh dirumah adek Farabi selalu minta "mimika tikun". Nah pas 3 (tiga) minggu yll, tiba2 aja pas Ibu pulang dia blg gini : " Bunda, Abi ga mimika tikun lagi, soalnya udah gede", ehh beneran mlmnya pas mo tidur udah ga nanyain ASI lagi, tapi yaa jadinya tuh anak jadi susah banget tidur bnyk deh alesannya, yang mau ajak mobil2an tidur dikamarlah, bolak balik minta minum lah, kabur ke bawah matiin tv lah (kalo malem kan biasanya Mbah Uti, dan Mba Ida suka pada nonton sinetron tuh, Farabi biasanya ke bawah buat matiin tv, "Gak blh nonton cinetron, bolehnya bobo aja, cinetron kan ga baikk" katanya.....hahahah).

Begitu pula pas diperjalanan biasanya pasti duduk minta pangku di mobil trs minta "mimika tikun", skg jg beneran udh ga pnh nanyain lagi. Alhamdulillaah pinternya anak lanang, diusia 2 tahun 8 bulan akhirnya benar2 udah "lulus" ASI, beda tipis sm kk Dinara dl diusia 2 tahun 5 bulan.

Lega tapi kok sedih yaa rasanya, saat anak-anak udah gak ASI lagi, krn waktu nyusuin itu bener2 quality time sm anak2, saat menatap matanya, mencium rambutnya, mendekap erat tanpa berontak (yaa iyalah krn kan kalo nyusu sambil tiduran gitu nih anak pasti anteng dan bisa dipeluk, kalo gak gitu jgn harap dia anteng mau dipeluk......hihihihi). Saat nyusuin itu anak rasanya bener2 milik Ibu, posesif bgt yaa jadi Ibu :D. Tapi beneran lohh rasanya campur aduk saat anak udah ga ASI ituu huhuhu. Tapi alhamdulilah bisa nge-ASI sampai sejauh ini walaupun sebenarnya Farabi gak full ASI sejak usia 1 tahun kurang krn sudah disupport susu kaleng tapi yaa tetep kok bahagianya sama dengan nysuin tanpa susu tambahan, yaah walaupun yaa bnyk aja omongan nyinyir diluar sana kalo anak udh ditambah susu bubuk udah bkn "S3 ASI" lagi, tapi apalah  artinya istilah2 itu dibanding bonding yang di dapat seorang ibu (bekerja) dengan menyusui.

Sejak beberapa hari ini pun akhirnya kami putuskan susu kaleng Pediasure yang sudah menemani Farabi selama 1,5 tahunan ini kami stop dan diganti freshmilk. Kami memang tidak antipati terhadap susu formula, kedua anak kami Alhamdulillah dpt ASI eksklusif 6 bulan. Pun akhirnya Farabi konsumsi susu bubuk diusia 9 blnan atas resep dokter anak krn saat itu berat badanya tidak bertambah signifikan selama 1 bulan ditambah kondisi tubuhnya ngedrop krn sakit dan berat bdannya turun 1 kilo, kondisi saya juga agak drop krn mikirin anak2 yg lagi pd sakit dan hrs diopname (wkt itu Dinara dan Farabi diopname barengan ). Jadilah akhirnya kami coba Pediasure yang stlh kami coba tidak terlalu manis spt kebanyakan susu formula lainnya. Jadi saat siang stok ASIP perlahan mulai menipis Farabi minum susu kaleng dan saat saya di rumah full nge-ASI, begitu seterusnya sampai akhirnya Farabi 'memutuskan' berhenti ASI. Namun setelah kami amati beberapa bulan belakangan ini sepertinya konsumsi susu Farabi lumayan tinggi, walaupun hal itu tidak mempengaruhi pola makannya. Siang smp sblm tidur (krn Ibu sdg tdk dirmh) dia paling tidak 3-4 gelas @140an ml minum Pediasure, ditambah 1-2 kotak @125ml susu Ultra Coklat.

Nah setelah kmrn diberi penjelasan sm Ayah kalo Farabi udah ga minum susu Pediasure lagi krn susunya habis, dan kami ganti dengan 1 dus besar susu Ultra Coklat kesukaannya @125ml, akhirnya dia mengerti dan ktnya si Mba Ida udh 2 hari ini Farabi gak pernah minta lagi susu Pediasure. "Abi gak minum susu Pediasure lagi, kalo susu di kulkas (susu Ultra) boleh?", yaa boleh doong,  pinternya anak lanang hehehe. Sebenarnya pun kami pengennya freshmilk yang diminum yang plain sih bkn yang coklat, tp udh bbrp kali dicoba anaknya gak mau, "rasanya pahit deh" katanya. Hhhmm ada2 aja sih Dek.

Sehat2 terus yaa nak, makan pinter, makan buah pinter, minum susu Ultra juga boleeh kok :))

Tuesday, April 7, 2015

Pindang Patin

Pindang patin ini merupakan favorit si pak suami, padahal yaa yang orang Palembang mah saya. Tiap kali ke Sari Sanjaya pasti dia pesen pindang patin, nah yaa secara harga per porsinya itu ga murah bisa bangkrut jg kan kalo tiap pengen mesti beli trs, padahal ikan patinnya sendiri murah di Carrefour ataupun di warung deket rumah, nahh setealh bbrp kali bikin akhirnya suami bilang "niih baru mirip dengan yang biasa beli rasanya", Alhamdulilaah yaa sesuatu akhirnya si suami doyan juga, soalnya nih dia rada bawel masalah 'taste' beginian. 

Resep pindang patin ini biasanya saya nyontek saat blogwalking, jadi yaa tiap kali bikin pasti sambil buka hp hahahha, sampe kk Dinara ngomel2, ''Bunda ngapain sih mo masak aja pake bawa2 henpon segala". Nahh drpd browsing sana sini tiap mo masak mending ditulis disni aja resepnya bwt arsip.

Resep asli dimodifikasi dari sini :

Bahan-bahan dan bumbu :

1 ekor ikan patin segar, potong-potong, cuci bersih, lumuri air jeruk nipis
7 butir bawang merah haluskan
4 butir bawang putih haluskan
2 buah cabe merah haluskan
5 buah cabe rawit merah utuh
2 batang serah digeprek
3cm kunyit, jahe, lengkuas digeprek
1/4 buah nanas potong-potong
4 buah tomat hijau belah 4
2 buah tomat merah belah 4
asam jawa secukupnya
garam, gula secukupnya 
sedikit terasi (bila suka)
daun bawang
kemangi
air secukupnya

Cara membuat :

- Didihkan air, masukkan semua bumbu kecuali tomat, daun bawang, dan kemangi.
- Kemudian masukkan ikan patin, tomat, daun bawang, nanas, didihkan kembali.
- Setelah cukup empuk angkat, hidangkan, beri daun kemangi.

Untuk takaran diatas bisa disesuaikan dengan selera yaa, saya pun sebenarnya ga ngikutin ukuran resep bgt sih, hanya tips-nya saat mendidihkan bumbu agak lama supaya aroma dari bumbu menyatu, dan setelah matang, ikan diangkat dulu agar teksturnya ga terlalu lembek, saat akan disajikan baru deh dicemplungin lagi ikannya untuk dipanaskan.