Monday, April 27, 2015

Weaning Farabi with Love

Alhamdulillah akhirnya Farabi beneran udah ga "mimika tikun" lagi, udah 3 (minggu) ini udah ga pernah nanyain lagi loh tiap menjelang tidur. Walaupun sebenarnya frekuensi nge-ASI nya udh ga seberapa lagi krn sejak pertengahan Januari 2015 kan udah mulai ditinggal ke Bandung selama 3-4 hari per minggu krn aktivitas perkuliahan Ibu, tapi biasanya kalo udh dirumah adek Farabi selalu minta "mimika tikun". Nah pas 3 (tiga) minggu yll, tiba2 aja pas Ibu pulang dia blg gini : " Bunda, Abi ga mimika tikun lagi, soalnya udah gede", ehh beneran mlmnya pas mo tidur udah ga nanyain ASI lagi, tapi yaa jadinya tuh anak jadi susah banget tidur bnyk deh alesannya, yang mau ajak mobil2an tidur dikamarlah, bolak balik minta minum lah, kabur ke bawah matiin tv lah (kalo malem kan biasanya Mbah Uti, dan Mba Ida suka pada nonton sinetron tuh, Farabi biasanya ke bawah buat matiin tv, "Gak blh nonton cinetron, bolehnya bobo aja, cinetron kan ga baikk" katanya.....hahahah).

Begitu pula pas diperjalanan biasanya pasti duduk minta pangku di mobil trs minta "mimika tikun", skg jg beneran udh ga pnh nanyain lagi. Alhamdulillaah pinternya anak lanang, diusia 2 tahun 8 bulan akhirnya benar2 udah "lulus" ASI, beda tipis sm kk Dinara dl diusia 2 tahun 5 bulan.

Lega tapi kok sedih yaa rasanya, saat anak-anak udah gak ASI lagi, krn waktu nyusuin itu bener2 quality time sm anak2, saat menatap matanya, mencium rambutnya, mendekap erat tanpa berontak (yaa iyalah krn kan kalo nyusu sambil tiduran gitu nih anak pasti anteng dan bisa dipeluk, kalo gak gitu jgn harap dia anteng mau dipeluk......hihihihi). Saat nyusuin itu anak rasanya bener2 milik Ibu, posesif bgt yaa jadi Ibu :D. Tapi beneran lohh rasanya campur aduk saat anak udah ga ASI ituu huhuhu. Tapi alhamdulilah bisa nge-ASI sampai sejauh ini walaupun sebenarnya Farabi gak full ASI sejak usia 1 tahun kurang krn sudah disupport susu kaleng tapi yaa tetep kok bahagianya sama dengan nysuin tanpa susu tambahan, yaah walaupun yaa bnyk aja omongan nyinyir diluar sana kalo anak udh ditambah susu bubuk udah bkn "S3 ASI" lagi, tapi apalah  artinya istilah2 itu dibanding bonding yang di dapat seorang ibu (bekerja) dengan menyusui.

Sejak beberapa hari ini pun akhirnya kami putuskan susu kaleng Pediasure yang sudah menemani Farabi selama 1,5 tahunan ini kami stop dan diganti freshmilk. Kami memang tidak antipati terhadap susu formula, kedua anak kami Alhamdulillah dpt ASI eksklusif 6 bulan. Pun akhirnya Farabi konsumsi susu bubuk diusia 9 blnan atas resep dokter anak krn saat itu berat badanya tidak bertambah signifikan selama 1 bulan ditambah kondisi tubuhnya ngedrop krn sakit dan berat bdannya turun 1 kilo, kondisi saya juga agak drop krn mikirin anak2 yg lagi pd sakit dan hrs diopname (wkt itu Dinara dan Farabi diopname barengan ). Jadilah akhirnya kami coba Pediasure yang stlh kami coba tidak terlalu manis spt kebanyakan susu formula lainnya. Jadi saat siang stok ASIP perlahan mulai menipis Farabi minum susu kaleng dan saat saya di rumah full nge-ASI, begitu seterusnya sampai akhirnya Farabi 'memutuskan' berhenti ASI. Namun setelah kami amati beberapa bulan belakangan ini sepertinya konsumsi susu Farabi lumayan tinggi, walaupun hal itu tidak mempengaruhi pola makannya. Siang smp sblm tidur (krn Ibu sdg tdk dirmh) dia paling tidak 3-4 gelas @140an ml minum Pediasure, ditambah 1-2 kotak @125ml susu Ultra Coklat.

Nah setelah kmrn diberi penjelasan sm Ayah kalo Farabi udah ga minum susu Pediasure lagi krn susunya habis, dan kami ganti dengan 1 dus besar susu Ultra Coklat kesukaannya @125ml, akhirnya dia mengerti dan ktnya si Mba Ida udh 2 hari ini Farabi gak pernah minta lagi susu Pediasure. "Abi gak minum susu Pediasure lagi, kalo susu di kulkas (susu Ultra) boleh?", yaa boleh doong,  pinternya anak lanang hehehe. Sebenarnya pun kami pengennya freshmilk yang diminum yang plain sih bkn yang coklat, tp udh bbrp kali dicoba anaknya gak mau, "rasanya pahit deh" katanya. Hhhmm ada2 aja sih Dek.

Sehat2 terus yaa nak, makan pinter, makan buah pinter, minum susu Ultra juga boleeh kok :))

No comments:

Post a Comment