Sunday, February 5, 2017

Pempek Adaan Ala-ala


Setelah bertahun-tahun tinggal di Jakarta akhirnya kesampean juga bikin pempek sendiri, sebenernya sih pas pulang ke Palembang juga sering bikin walaupun dengan supervisi Nyai ataupun Wak Ibu. Nah kali ini beneran deh bikin sendiri ngandelin resep googling cookpad Nova Rilandari (ehh Nova ini temen sekelas waktu SMU yang ternyata jago banget cooking and baking, thank you resepnya yaah Nov).

Jadi ceritanya hari Sabtu kemarin setelah anter kk les matematika, si suami ngotot mau nganterin ke Pasmod Bintaro sektor 7, padahal tadinya saya cuma kepengen belanja di tukang sayur kompleks ajah karena malesnya ke Pasmod pas wiken tuh susaahh dapet parkir. Ehh pas muter-muter liat ada yang jual ikan tenggiri giling, dan ternyata ada ikan gabus juga. Pas nanya harganya sekilo ikan gabus hanya Rp 60.000,- (ikan tenggiri sekilo Rp 75.000,-) yaah walaupun setelah difillet dan digiling sih beratnya hanya sekitar 700 gram, beda kayak di Palembang yang menghitung berat ikan setelah digiling. Hari itu juga kalap belanja deh, beli segala ikan kuwe (rencananya mau dibakar kecap), cumi-cumi (akhirnya dimasak saos tiram), dan iga sapi (tentunya dibikin sop iga), dan segala sayur mayur. Ehh beneran lohh ke Pasmod ini racun banget belanjanya, karena selain tempatnya bersih dan teratur, display juga menarik dan produknya seger-seger yang tadinya ga pengen belanja ehh malah belanja ini itu duuhh!

Nyampe rumah setelah beberes belanjaan, langsung googling resep pempek adaan karena pengennya langsung bisa dimakan males bikin lenjeran karena harus direbus dulu. Nah untuk resep, saya hanya pake setengah bagian ikan giling yang tadi dibeli karena baru percobaan, sisanya masuk freezer dulu. Duhh malunyaa orang Palembang kok baru perdana bikin pempek sendiri hahaha, selama ini sering beli di Restoran Sari Sanjaya Bintaro karena pempeknya emang mantab banget (terutama pempek kulitnya), tapi dua minggu yang lalu makan disana kok berasa harganya makin mahal yaa bisa tekor deh secara saya sering sakau pempek hehehe.

Original Recipe by Nova Rilandari (Dapur Bunda)

Dimasak ulang dengan modifikasi saya.

Bahan-bahan :

350 gr ikan gabus digiling
200 gr tepung tapioka
60 ml santan + 200 ml air dingin
1 btr telur ayam
5 siung bawang merah iris halus
1 sdm garam halus
1 sdt merica

Cara membuat :

- Campur ikan giling, santan, air dingin dengan menggunakan tangan hingga merata.
- Tambahkan garam, merica, telur, bawang merah iris.
- Masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit hingga adonan dapat dibentuk bulatan  
  (saya menggunakan dua buah sendok untuk membentuk).
- Kemudian goreng ke dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan, lalu angkat dan tiriskan.
- Hidangkan hangat dengan cocolan cuko.

** Untuk membuat cuko, pertama didihkan air bersama gula merah yang disisir halus, kemudian haluskan cabai rawit dan bawang putih. Masukkan bumbu halus ke dalam air rebusan gula merah, tambahkan asam jawa, dan garam halus. Saya membuat cuko tanpa takaran hanya kira-kira saja, karena sudah sering bikin hehehe.

** Oh iyaa untuk pempek seperti yang ada di foto di bawah ini, walapun bentuknya agak kurang menarik tapi ternyata rasa dan teksturnya oke banget lohh, suami pun bilang enaaakkk, hanya kk Dinara aja yang comment "Bun, kok pempeknya jadi kayak cireng sih?" (-__-)