Tuesday, November 27, 2012

Menyusui kapan pun dimana pun

Foto ini diambil saat kami sekeluarga liburan ke De Ranch (http://www.deranchlembang.com/) saat long wiken 15-16 November 2012 yang lalu. It was such a super fun trip, laporan blog-nya akan sgr di update *smg ga males yaa bikin reviewnya.
Farabi-ku sadar kamera bgt walo lg mimik Ibuu ttp pasang pose klo liat Ayah siap-siap mo foto ^_^

Catatan milestone Farabi #1


Usia : 3 bln 2 minggu
Kemajuan : 
#1 sdh bisa tertawa terbahak-bahak, bersuara aaa, oooo, aooo, kenceng. Seneng bgt diajak ngobrol, udh bisa digodain, apalagi klo liat si kk Dinara nyanyi lagu ciptaan-nya sndr, Farabi yg lg nangis scr ajaib bs lsg diem :D
#2 sdh bs miring-miringin badan ke kiri dan ke kanan
#3 saat ditengkurepin udh bisa angkat kepala tegak

Usia : 4 bln 1 minggu
# 1 sdh mahir tengkurap dan membalikkan badannya sndr


# 2 makin senang mengoceh dan berteriak ; mmbbababaaa, mbububuuuu
# 3 mewek klo kita  hilang dari pandangannya
# 4 semakin tertarik dengan mainan2 bersuara (dia bakalan anteng dehh klo d dktnya ada mainan yg ada musiknya)
# 5 sdh mahir meraih mainan2 berupa rattle
# 6 seneeng bgt memasukkan tangannya ke mulut, smp2 sm si kk tangannya dmskkan ke dlm karet celana...hahaha

Usia : 5 bulan
# 1 semakin ribut ngoceh nih dd Farabi....hihihi, he said : " ma.....ma.....ma...."
      "oohh klo ma...ma itu ibuu katanya dd bu", said Dinara.....haha
      dia jg semakin sering blg ".....pa....pa....pa..", " emm baa....emmm...ba" sambil mulutnya 
      komat    kamit.....hehehe, kadang2 jg blg "aa...yaa....aa...yaa" yg lbh terdengar spt menyebut 
      kata Ayah.
# 2 beratnya sdh mencapai 7,9 kg panjang ........cm, yipppiieee 1 month towards ASIX, udh kebayang 
      bbrp menu utk   MPASInya si dd nihh.
# 3 bbrp hr belakangan tangannya udh bisa narik2 kaki lohh !!
# 4 udh lancarr bangen ngenyot jempoll, dohh *pernah kejadian dia ketiduran sambil ngisep jempol....huhuhu
      entah knp kok rasanya ngenes bgt, kasian cah gagah Ibuu :(
# 5 sering banget ngangkat2 pantat (kyk pgn ngomong " aq minta gendoong doong")....haha

Usia : 6 bulan
#1 sdh mahir memegang dan meraih benda2 kecil seperti sendok plastik, mainan aneka bentuk, dan paling    
     tertarik sm bunyi2an
#2 oiaa skg Farabi udh mulai makan lohh, menu pertamanya puree alpukat....nyumm nyumm, lsg lahap sodara sodaraa :D
#3 hhmmm apa lagi yaa, lupa euyy scr dh lama postingan ini gak di apdet.....hihihi




Usia 7 bulan
#1 terakhir nimbang badan pas imunisasi combo Polio+Hib ulangan minggu lalu dede Farabi berat-nya
     mjd 8,2kg, alhamdulilaah. Hhmmm panjangnya brp yaa, ntr deh dicheck lg di KMS.
#2 skg kuantitas minum ASIP-nya rada berkurang apalagi semenjak seminggu ini stlh tepat 7 bln frekuensi   makan mjd 3x sehari, dua kali carbo saat pagi dan sore, 1x mkn buah di siang hr. Jd skg rata2 minum
     400 sampai 450ml, selama ibu tinggal kerja mulai jam 9.00am - 6.00pm.
#3 frekuensi BAB pun meningkat, skg hmpr tiap hr maksimal 2hr 1 kali. ya iyalah kan mknnya 3x sehari :D
#4 sdh mahir meraih benda2 kecil/mainan dr dlm wadah, dan bakal nangis kejer klo mainannya direbut.
#5 cah gagah ini paling juara dehh, mnggu lalu pas suntik imunisasi gak pake nagis lohh, proud of you son.
#6 skg sdh mulai mandi air biasa, gak pk aer anget lg, dan utk pertama kalinya berenang di kolam renang 
     umum berair dingin, yeayy farabi pinterr gak pk nangis dan malah keliatan betah berenang brng Ayah,
     Ibu, dan kk Dinara.
#7 sdh bs menyangga leher dg lebih baik menuju arah posisi duduk saat ditaro di bouncer.









kami sabar menunggu kesiapan-mu untuk tahap tumbuh kembang berikutnya nak :*

When my maternity leave over

Tnyt cuti melahirkan 3 bln itu cm sbntr yaa, ga berasa udh seminggu ini ibu mulai ngantor lg. So far sih kegiatan pumping dkntr ga da mslh, walopun hrs bnr2 konsisten utk bs pumping maks tiap 3 jam ditengah kegiatan kntr yg sibuk, blm lg jdwl dinas kluar kota yg sdkit bnyk ckp menghambat kegiatan pumping. Tp skali lg ibu akan ttp bfikir positif bhwa bs ksh ASI dan atau ASIP ekslusive bwt Farabi sebagaimana dl ibu bs ngASI Kk Dinara hingga 2,5 th. Tp mslhnya emg wkt itu ibu resign dan bs fokus urus anak sndr, ga sesibuk ini. Tp stlh bc2 sharing ibu2 lain dg perjuangan yg lbh sulit tp ttp bs ksh ASI bwt anak2nya kok yaa 'cemen' bgt klo smp ibu berkurang semangat. Dear oxitocyn pls be nice spy produksi ASI ttp lancar jaya, demi yg tbaik bwt buah hati kami. Tp akhirnya ngerasain jg beratnya jd 'ibuperah' ditengah kesibukan urusan kntr, mn Ibu msk kntr disaat yg 'pas' bgt lg bnyk krjaan......huaaaaaa. Gak ngeluh sih ini, tp emg hrs ngalamin masa-masa kyk gini. Awal2 msk krj bs dpt 2 sesi perah @250-300ml per sesi. Skg cm 1 sesi dkntr dan 1 sesi perah drmh rata2 @150-200ml, cm gr2 bbrp hr tenaga diforsir untuk nyiapin materi kegiatan thn 2013 selama seminggu full dr pagi smp mlm, hiks pengen nangis rasanya klo inget bahkan Ibu blm sbln mulai kerja, penurunannya cukup signifikan. Tp biar gmn ttp harus berusaha, ga boleh nyerah. Abis bc2 sharing ibu-ibu di forum ato di milis yg perjuangannya jauh lbh berat mjd WM dan ttp bisa ngasih ASIX bwt baby, kok yaa rasanya cemen bgt klo smp hrs kendor semangat. Dear jagoan kecil Ibu, ga nyampe 3 bln lagi kok qt bs melalui fase I ini, qt pasti bisaa yaa dek, trs semangatt bs jg melalui fase II, dan III ^^

Akhirnyaa bisa cerita lagii

* bersih-bersih debu* berasa udh bertahun tahun ga nyempetin nulis di blog ini, ditengah segala kerepongan ngurus 1 toddler, 1 baby, dan rutinitas dunia kerja. Ternyata br skg ngerasain beratnya tantangan jd working mom dg 2 anak, yg tetap berjuang utk bs ksh ASIX utk si baby. Baru kali ini jg ngerasain jd ibu perah yg ttp hrs disiplin (walo ga bs bnr2 disiplin) pumping di tengah kesibukan kantor, disamping jg hrs ttp bs ngasih perhatian yg cukup bwt si kk Dinara, sampe2 rasanya 1 hari tak cukup 24 jam.
Sebenarnya sih tulisan ini bukan untuk mengeluh tp lbh sekadar bercerita spy nanti suatu saat stlh kami bisa melalui smua tantangan ini, kami bisa ttp bersyukur bahwa kami berdua, saya dan suami ttp bs komit bahwa kami adalah orang tua yg akan sll berusaha memberi yg tbaik buat anak-anak dan sebisa mungkin mjd panutan mereka.
Thanks God, udh ngasih suami sehebat Ayah, yg senantiasa mjd ''our real family man''. Honestly i don't know what to do without you dear. Ayah yg sll siaga urus anak2 dan bantu segala urusan domestik rumah saat Ibu lg repot, secara baby Farabi sama sekali ga bisa ditinggal saat lg mimik dan si kk Dinara sdg getol2nya cari perhatian dan minta diajak main sm Ibu. Dear kiddos, andai Ibu bisa membelah diri pasti Ibu udh lakuin spy bs nemenin kalian berdua, spy bs membagi sayang Ibu disaat yg sama kalian berdua.
Kalimat Dinara td pagi pun msh terngiang di telinga "ibu udahlah sii ga usah kerja, dirmh sepi nihh klo ibu ga ada, aq pgn main ditemenin sm ibuu", bahkan saat nulis ini pun Ibu ttp mewek klo inget kata-kata mu nak. Tapi ini adalah perjuangan kita, kk hrs sabar Ibu kerja jg buat kepentingan qt smua. Untuk bs mewujudkan cita2 kita sayang, smg Ayah dan Ibu bs memberi yang terbaik buat masa depan Dinara dan Farabi. Semoga kalian berdua bisa ngerti yaa, kami selalu sayang dan akan tetap begitu smp kapan pun.