Tuesday, April 7, 2015

Pindang Patin

Pindang patin ini merupakan favorit si pak suami, padahal yaa yang orang Palembang mah saya. Tiap kali ke Sari Sanjaya pasti dia pesen pindang patin, nah yaa secara harga per porsinya itu ga murah bisa bangkrut jg kan kalo tiap pengen mesti beli trs, padahal ikan patinnya sendiri murah di Carrefour ataupun di warung deket rumah, nahh setealh bbrp kali bikin akhirnya suami bilang "niih baru mirip dengan yang biasa beli rasanya", Alhamdulilaah yaa sesuatu akhirnya si suami doyan juga, soalnya nih dia rada bawel masalah 'taste' beginian. 

Resep pindang patin ini biasanya saya nyontek saat blogwalking, jadi yaa tiap kali bikin pasti sambil buka hp hahahha, sampe kk Dinara ngomel2, ''Bunda ngapain sih mo masak aja pake bawa2 henpon segala". Nahh drpd browsing sana sini tiap mo masak mending ditulis disni aja resepnya bwt arsip.

Resep asli dimodifikasi dari sini :

Bahan-bahan dan bumbu :

1 ekor ikan patin segar, potong-potong, cuci bersih, lumuri air jeruk nipis
7 butir bawang merah haluskan
4 butir bawang putih haluskan
2 buah cabe merah haluskan
5 buah cabe rawit merah utuh
2 batang serah digeprek
3cm kunyit, jahe, lengkuas digeprek
1/4 buah nanas potong-potong
4 buah tomat hijau belah 4
2 buah tomat merah belah 4
asam jawa secukupnya
garam, gula secukupnya 
sedikit terasi (bila suka)
daun bawang
kemangi
air secukupnya

Cara membuat :

- Didihkan air, masukkan semua bumbu kecuali tomat, daun bawang, dan kemangi.
- Kemudian masukkan ikan patin, tomat, daun bawang, nanas, didihkan kembali.
- Setelah cukup empuk angkat, hidangkan, beri daun kemangi.

Untuk takaran diatas bisa disesuaikan dengan selera yaa, saya pun sebenarnya ga ngikutin ukuran resep bgt sih, hanya tips-nya saat mendidihkan bumbu agak lama supaya aroma dari bumbu menyatu, dan setelah matang, ikan diangkat dulu agar teksturnya ga terlalu lembek, saat akan disajikan baru deh dicemplungin lagi ikannya untuk dipanaskan.










No comments:

Post a Comment