Sunday, December 29, 2013

Refleksi Perjalanan Seorang Istri dan Ibu

Timeflies so fast. Gak terasa sudah lbh dr 5 thn perjalanan panjang sy lalui mjd seorang istri dan seorang ibu gak bs dideskripsikan betapa suka citanya. Jujur aja belakangan ini sy smakin merasakan bahwa semakin anak2 bertumbuh besar semakin berat tantangan seorang ibu, hhmm mungkin menjadi seorang istri bukanlah hal yg terlalu sulit. Sy yakin istri2 diluar sana pun berpikiran demikian, krn alhamdulillah Allah mengirimkan kpd sy seorang suami yang sungguh luar biasa menyenangkan dengan segala kekurangannya. Yaahh setidaknya suami sy memiliki toleransi yg cukup besar atas segala keegoisan saya *smg gak bosen2 yaa Ayah tiap kali nemuin kejengkelan atas sikap Ibu hihihi.
Tantangan luar biasa bwt sy tentu saja untuk mjd ibu yang menyenangkan dan patut mjd teladan bwt anak2. Namun entah knp sy kok sptnya dilahirkan jd seorang yg sgt egois, egois sbg anak, adik, istri, pun egois sebagai ibu. Sepenuhnya sy yakin bahwa setiap anak adalah pribadi yang berbeda sekalipun ditubuhnya mengalir sebagian darah sy, tp knp sy gak bs memberi mreka kebebasan menentukan pilihan?? Sy selalu berpikir bhwa apapun yg sdh sy putuskan untuk kk Dinara dan dd Farabi adalah yg terbaik bagi mereka tnpa meminta pertimbangan tlebih dahulu , terutama kk Dinara yg sdh lbh mengerti dan seringkali protes. Sy ibu yang otoriter, tak segan membentak atau bahkan mencubit kk Dinara (walaupun sehabisnya sy luar bisa menyesal, smp sy mencubiti badan sy sendiri untuk meyakinkan diri bhwa sbnrnya sy mencubit bkn untuk menyakiti), ya Allah maaf yaa nak. Ibu mmng bkn Ibu yg baik utk-mu :'(
Seringkali sy baca artikel2 bagus ttg prinsip2 parenting, edukasi utk anak, dsb, tp entah knp hal2 tsb tampak sulit sekali diterapkan saat sy merasa wkt yg sy miliki sgt sempit, terutama dipagi hari saat smua hrs berjalan cepat, saat smua hrs dibereskan tepat sblm ibu brkt kerja.(untungnya regulasi di kantor ga tll mewajibkan kedatangan pukul 8 pagi sebagaimana kantor pemerintahan lainnya, krn jam plng kerja jg yg sgt fluktuatif)
Mungkin krn keegoisan td, sy ingin smua urusan anak2 sy yg tangani krn mreka akan seharian sy tinggal lgpl spy ART bs beresin urusan domestik RT spt cuci, nyapu, ngepel, selagi sy msh dirumah. Sekali lg untung sj suami tipe yg gak cerewet pagi2 minta diurusi sarapan dll, palingan sy cm (kdng2) nyiapin bj krj, sarapan jg ala kadarnya krn mmng Ayah gak biasa/rutin ngeteh ataupun ngopi dipagi hari, klo pas lg smpt bkin sarapan bwt sekeluarga yaa Ayah makan dl tp lbh sering sarapan di kantor. Krn mmng yg penting buatnya bahwa anak2 sdh diurus dg baik, shg pagi2 sdh hrs mandi, rapi, dan sarapan. Sering pula Ayah bantuin makein baju kk Dinara atau adek Farabi, plus stlhnya terburu2 brkt ktr krn sdh nyaris telat.
Menjadi Ibu mmng anugerah tak terkira, sungguh beruntung sy diberi rejeki kehamilan si kk Dinara bahkan saat sy belum sempat memohon scr mendalam, pun ketika diberi rejeki adek Farabi saat kami begitu mendamba kehadiran seorang bayi laki-laki. Allah Mahabaik. Sekiranya mesin waktu doraemon di jual di Ace Hardware ataupun Informa, semahal apapun akan sy kumpulin duit utk beli. Hny utk memperbaikin sikap2 buruk sy sbg seorang Ibu, duuhh kakak seandainya suatu saat nanti kk baca tulisan ini Ibu bnr2 mnta maaf ya kak, sering marahin kk sering cubit juga. Ketauilah nak, ibu luar biasa menyesal stlh-nya. Yang bkin ibu marah slamai cm urusan makan, gak pnh ibu marah selain drpd itu. Krn kk srng makan smbl diemut, kdng dilepeh, ibu tll syg sm kk, ibu takut kk kelaperan, ibu pgn kk sehat2 trs, kk sll ssh makan di pagi hari, saat ibu pgn brkt krja dg hati tenang krn ninggalin kalian berdua drmh dlm keadaan sehat. Ibu takut bgt klo mental kk jd down krn tll sering dimarahi, ibu jg sebetulnya takut dg jiwa pemberontak yg tampaknya ada dlm diri kk jd berakibat negatif krn keegoisan ibu.
Maaf ya kak, ibu syg kk dan adek selamanya. Mungkin terdengar klise, tp percaya dehh Ibu dan Ayah cm pgn yg terbaik utk hidup kalian, biar aja Ibu dan Ayah yg pernah ngerasain susahm biar kami yg kerja keras spy kehidupan kalian jauh lebih baik. Semoga Ibu pny bnyk waktu untuk bisa 'membeli' kesabaran itu.

No comments:

Post a Comment