Sunday, June 19, 2016

Edisi Lebaran : Kue Kastengal ala Fatmah Bahalwan


Sebetulnya kastengel ini gampil banget deh bikinnya tapi kok udah pernah beberapa kali bikin tetep aja ga pede kalo ga liat resep. Apalagi minggu lalu eksekusi choco crunch cookies resep dari sini agak kurang berhasil karena adonan tampaknya "kurang pulen" ehh apasih istilahnya, pokoknya pas masuk oven tuh jadinya meleber banget dan ga crispy padahal udah ngikutin takaran resep, udah dapet sih 1 toples lebih tapi pas kasih tester ke anak-anak tampaknya mereka kurang suka, masih penasaran sih dengan si cookies choco crunch ini, mungkin perlu sedikit modifikasi atau kalo engga ntr mau coba resep lain deh, ehh malah curcol

Sejarahnya kue kastengel ini mungkin dibawa nyonya-nyonya Belanda ada masa kolonial Hindia Belanda, sehingga kata kaas dan stengels yang berasal dari bahasa Belanda. Kaas berarti keju dan stengels berarti batangan. Oleh karena itu disebut kaasstengels atau batangan keju dan sekarang dikenal dengan kastengel

Kue Kering Kastengel

resep asli : dari sini
re-bake : denayu_02

Bahan:

300 gr  mentega
200 gr  keju tua parut (saya pake 180 gr keju cheddar )
400 gr  tepung terigu protein sedang
2 sdm   susu bubuk
2 btr     kuning telur

Bahan olesan:

3 btr     kuning telur, kocok lepas dengan 1-2 sdm susu cair

 Taburan:

Keju cheddar parut

Cara membuat:

  1. Kocok mentega dan telur dengan kecepatan rendah, sebentar saja, asal tercampur rata. Masukkan keju, aduk rata. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk rata menggunakan spatula.
  2. Tipiskan adonan dengan bantuan plastik lembaran, dan penggiling adonan (karena gak punya sy jd pake botol kaca beka sirup yang udah gak kepake).
  3. Potong-potong memanjang, kemudian olesi dengan bahan polesan, dan taburi sisa keju.
  4. Panggang dengan suhu 150-160 derajat Celcius selama 30 menit (dapat disesuaikan) menggunakan api atas bawah.







Hasilnya crunchy bangett, Dinara yang kebetulan puasa setengah hari malah bolak balik nyobain kue yang dia bikin sendiri (anak-anak memang saya kasih sebagian adonan yang bisa mereka cetak dan hias sendiri supaya gak ngeribetin Bunda-nya hehehe), plus makanin kue-kue yang Bunda bikin yang rada gosong atasnya hihihi. "Abisnya enak banget sih Bun" komentarnya kk Dinara, yaa gimana gak doyan lha wong Dinara ini penggila makanan serba keju.

No comments:

Post a Comment