Monday, November 28, 2016

Sambal Ebi : Nyai's Original Recipe

Sambal Ebi
Yakk posting borongan kali ini disponsori oleh "mumpung inget" hahahha. 

Sambal ebi atau yang kami kenal dengan sambal udang kering merupakan hidangan wajib saat Hari Raya. Favoritnya alm. Papa, jadi yaa kudu bin mesti hadir di meja jadi temennya ketupat. Nah karena tahun kemarin kami sekeluarga ga pulang kampung ke Palembang, jadi Bunda niat bikin sendiri deh sambal ebi walaupun yang excited cuma Bunda sendiri, gak kayak dirumah Nyai, kalo bikin sambal ebi ini ga nyampe 2 hari pasti udah ludes, giliran bikin sendiri 2 minggu ga habis-habis padahal cuma bikin pake ebi-nya 2 ons doang, sedih dehh.

Resepnya super gampil kok, hanya harus sabar aja karena masaknya agak lama nunggu sampe santannya agak kering, teksturnya sih rada-rada mirip bumbu rendang gitu.

Sambal Ebi/ Sambal Udang Kering

Bahan-bahan :
2 ons ebi, dihaluskan
1 butir kelapa yang diproses menjadi santan kental
10 btg cabe merah besar, dihaluskan
6 btr bawang merah, dihaluskan
4 btr bawang putih, dihaluskan
garam, merica secukupnya
    ** jumlah bahan-bahan diatas dapat disesuaikan, sesuai kebutuhan**

Cara memasak :
Panaskan santan diatas wajan dengan api sedang, masukkan cabe, bawang merah dan putih yang telah dihaluskan, aduk rata didihkan. Kemudian masukkan ebi yang telah dihaluskan, aduk terus hingga santan agak kering dan pinggiran wajan jangan sampe gosong, bila dirasa kurang asin dapat tambah garam. Tapi biasanya sih ga perlu karena ebi sendiri udah cukup asin terlebih bila dimasak lama dengan santan. Setelah santan dan ebi teksturnya cukup kering untuk dapat dijadikan cocolan ketupat, kemudian angkat dan pindahkan ke wadah saji.

Nah selain untuk cocolan ketupat, sambal ebi juga dapat dipadankan dengan kuah ketupat. Namun kuah ketupat Palembang sedikit beda dengan kuah ketupat kebanyakan yang biasanya pake sayur dan kuahnya cenderung kuning/merah. Kalo kuah ketupat khas keluarga kami biasanya hanya kuah santan saja tanpa sayuran, diberi bumbu-bumbu dan ebi halus, nah sambal ebi ini bisa ditambahin deh biar ada pedes-pedesnya.

No comments:

Post a Comment