Monday, March 23, 2015

Maintain Our Marriage

Pentingnya menjaga kualitas hubungan dalam kehidupan suami istri mungin terdengar sangat klise. Mengapa menjadi penting, karena setelah beberapa tahun berjalan mungkin pada beberapa hubungan kehidupan pernikahan bisa saja menjadi terasa hambar. Banyak penyebab bisa terjadi, kebanyakan mungkin karena kesibukan masing-masing, kerepotan dalam mengurus anak dan rumah (biasanya banyak dialami kaum perempuan), ataupun karena faktor lingkungan, entah rekan kerja ataupun keluarga. Mungkin sudah banyak artikel-artikel yang dishare bagaimana cara-cara untuk menjaga/meningkatkan kualitas hubungan dalam berumahtangga, namun tampak tidak mudah untuk dilaksanakan. Jujur saja sex, walaupun bukan hal utama tapi memegang peranan penting dalam harmonisasi hubungan suami istri, dan dari sisi perempuan saya sadar betul bahwa memberikan layanan terbaik kepada suami dengan tidak mengesampingkan kepuasan pribadi merupakan salah satu faktor penentu dalam maintenance kehangatan dan keharmonisan suami istri.

Hal yang tak kalah penting adalah komunikasi, sekecil apapun miskomunikasi bisa saja menjadi faktor pemicu pertengkaran. Walapun pertengkaran kecil masih dapat dianggap wajar, namun jika komunikasi tidak berjalan lancar, bisa saja menjadi bola salju yang berakhir pada keributan rumah tangga. Solusinya, jangan pernah ragu untuk meminta maaf dan mengakui kesalahan, dan sekesal apapun pada pasangan (suami) tetaplah sebisa  mungkin melayani kesehariannya dengan baik. Tidak ada laki-laki normal yang akan terus marah jika tetap dibuatkan makan/minum, disiapkan pakaian kerja, disiapkan air hangat untuk mandi sepulang kerja, dll. Nah jika suasana sudah mencair kan lebih nyaman untuk saling mengutarakan uneg-uneg.

Tulisan ini tidak ada tendensi apapun, selain hanya sebagai self reminder. Bisa jadi menjadi sangat subyektif, karena merupakan pengingat buat saya yang egois, dan sering tidak sabar untuk senantiasa berusaha menjadi istri yang lebih baik untuk suami saya yang super sabarnya. Semoga Allah senantiasa memberikan kemudahan bagi 7 tahun pernikahan kami, dan tahun-tahun berikutnya untuk selalu menjaga kehangatan dan keharmonisan ini. Amin

No comments:

Post a Comment