Monday, December 7, 2015

Kunjungan ke Kuntum Farm Field

Dua minggu yang lalu nyempetin ngajak anak-anak jalan-jalan ke Kuntum Farm Field yang ada di Bogor, di grup arisan sekolah Dinara dulu smpt ngebahas ini yang katanya lumayan seru bwt anak-anak. Selama ini qt lebih sering ke Jendela Alam di Bandung yang punya konsep serupa yaitu area edukasi berupa peternakan dan bercocok tanam, tapi setelah browsing sana sini kok kyknya ga nemu website resminya Kuntum Farm Field ini  yaa hanya ada Akun Facebooknya aja, jadi modalnya dari blogwalking ajah yang ternyata ngebantu banget.

Nah Kuntum Farm Field yang terletak di Jl. Raya Tajur No. 291, Bogor, gampang banget nyarinya. Kalo dari arah Jakarta keluar tol ke arah Jl. Raya Tajur yang terkenal sm toko tas itu, Kuntum ini berada di sebelah kiri jalan, kmrn qt sempet tny2 dulu krn ga nemu2 papan petunjuk lokasinya, setelah ketemu papan petunjuk Kuntum berwarna orange besar lalu belok kiri. Pagi itu kami tiba pukul 08.30, area parkir masih kosong dan lokasi masih lengang hanya ada 1 rombongan anak TK dari luar kota Bogor.

Naah, area Kuntum Farm Field ini ternyata lumayan luas, dan kesan pertama saya itu areanya bersih krn dimana-mana bertebaran tempat sampah, jadi orang-orang udh ga puny alasan lagi utk buang sampah sembarangan. Di area hijaunya juga terdapat beberapa box pengomposan untuk sampah daun, disamping itu tersebar beberapa kolam-kolam yang dibuat secara cascade mengikuti kontur alami topografinya. Dengan HTM Rp 30.000 saat weekend, beberapa kegiatan yang bisa dilakukan seperti yang kami coba yaitu memberi makan/minum susu untuk kambing, kelinci, sapi, dengan membeli rumput/wortel Rp 5000,-, atau susu botol kecil Rp 5.000,-, botol besar Rp 10.000,- yang tersedia di area peternakan di bagian awal dekat pintu masuk. Oia kalo lupa bawa topi dsini juga disediakan pinjaman caping pak tani gratis loh, kondisinya juga masih bagus. 

Dinara dan Farabi seneng banget kasih rumput dan susu ke kambing dan domba, gendong kelinci yang kyknya udh pada kekenyangan dksh makan terus hihhihi, hanya sj mreka rada takut wkt ksh makan sapi yang ukurannya besar-besar.  Oia disni juga tdp area peternakan unggas spt angsa, bebek, ayam, yang kandangnya luas dan didesain sedemikian rupa hingga spt habitat alaminya seneng deh liatnya. Di area yang menyatu dengan unggas ada juga bbrp kura-kura. Beberapa hewan nocturnal di display dalam box kaca/kawat bwt dikenalkan ke anak-anak. Si Ayah juga sempet nyobain mancing di area pemancingan bagian belakang seharga Rp 15.000,- untuk sewa pancingan dan umpan, tapi setelah hampir 1 jam tak membuahkan hasil dia menyerah hahaha. Anak-anak juga ga sabaran pengen nyobain tangkap ikan di kolam krn pas liat grup anak-anak TK kyknya seru banget. Ternyata harga nya Rp 50.000  untuk ikan mas sebanyak 10 ekor. Jadi ikan mas ini qt beli dlu nanti dilepas ke kolam, nah anak-anak bebas deh mau nangkepnya bisa pake tangan bisa juga pake saringan. Kolamnya dangkal banget kok spy anak-anak gampang bwt nangkep ikannya.

Di area ujung bawah juga terdapat kandang kuda, setting bwt area menunggang kuda-nya juga bagus deh, untuk 1 kali menunggang kuda dgn pathways yang udah ditetapin brng pemandunya Rp 30.000,- tapi kami ga sempet nyobain karena hari sudah terik dan perut pada keroncongan, belum lagi perjuangan untuk naik ke atas menuju exit gate yang lmyn jauh. Oiaa kyknya sih ada juga yaa kegiatan petik tanaman spt bayam, sawi, dsb yang bisa dibawa pulang stlh dibayar, tapi kami ga sempet nyobain. Juga ada area fish theraphy di bagian depan dengan biaya Rp 30.000,-

Anak-anak seneng banget berkunjung ke Kuntum Farm Filed, next kami sepertinya akan kembali krn begitu tiba di rumah anak-anak lsg bilang "Bunda, ntr kapan-kapan qt ke Kuntum lagi yahh".














No comments:

Post a Comment