Friday, June 12, 2015

Srikayo Palembang


Ini salah satu penganan khas Palembang yang termasuk mudah dibuat, makanan Palembang tuh yaa banyaak banget, sampe-sampe kita kalo pas ngumpul dirumah tuh gak pernah jauh-jauh dari dapur, kerjaannya makaan melulu hahaha. Nah karena si srikayo ini cenderung manis banget jadi biasanya tandemnya itu ketan, berhubung gak punya beras ketan dan males juga bikinnya jadi cuma bikin srikayo- nya aja deh Dinara doyan banget nihh *itu anak doyan semua kayaknya yaa hahaha. Btw srikayo ini ga ada hubungannya sama sekali dengan buah srikaya loh yaa.

Berhubung ini resep turun temurun dari Ibu tersayang, jadi resepnya gak pake takaran standar, beliau bikin resep pake takaran 'gelas'.

Kue Srikayo 

Bahan-bahan :
Santan kental 1 gelas *gelas ukuran apa aja, yg penting gelas yang sama yg dipake utk takaran bahan lainnya
Telur 1 gelas *saya coba pake 3 bh telur krn gak perlu bikin banyak-banyak
Gula pasir putih 1 gelas *karena kurang suka terlalu manis jadi biasanya gula pasirnya kami kurangi
Pasta pandan, dan ekstrak daun pandan (kalo ada)

Cara membuat :
Panaskan kukusan/dandang terlebih dahulu, alasi tutupnya dengan serbet. Kocok gula pasir dan telur dengan ballon whisk (tidak perlu menggunakan mikser), sampai tercampur rata dan tidak perlu sampai mengembang. Lalu masukkan santal kental sedikit demi sedikit, serta campurkan pasta/ekstrak daun pandan.

Tuang ke dalam cetakan srikayo atau bisa juga menggunakan aluminium foil cup, lalu kukus selama kurang lebih 15-20 menit. Srikayo ini lebih nikmat disajikan dingin.

No comments:

Post a Comment