Friday, June 12, 2015

Martabak Mini

Udah dari kapan tau pengen bgt bikin martabak manis mini, berawal dari kesukaan anak gadis sama martabak keju langganan, tapi kok makin lama harganya makin melambung yaa, udah gitu yang doyan kan cm Dinara doang tuh, jadi sayang banget tiap beli satu porsi gak langsung habis.

Berhubung ga punya cetakan martabak mini/kue lumpur dan sejenisnya, dan baru sempet kmrn nyari di sini dengan harga Rp 91.000,- *kok berasa mahal yaa, apa emang segitu harganya?? Tapi karena emg udah diniatin banget jadi ywdh deh lsg bungkus, sore harinya langsung eksekusi berdasarkan resep yang udah lama disimpen di hp. Setelah gugling sana sini, tampaknya resep di bawah inilah yang paling gampil dan tampak sesuai selera.

Martabak Mini

Bahan-bahan :
Tepung terigu protein sedang 250 gr
Cokelat bubuk 3 sdt *sy skip krn Dinara gak mau katanya
Gula pasir 50 gr
Baking powder (BP) 1/4 sdt
Garam 1/4 sdt
Air 300 ml
Ragi 1/2 sdt
Baking soda 1/4 sdt *sy skip krn ga punya
Margarin 2sdm dilelehkan

Untuk taburan :
Margarin
Meisis
Keju cheddar parut
Susu kental manis

Cara membuat :
Campur tepung terigu, BP, dan garam lalu ayak. Tambahkan gula pasir. Buat lubang ditengahnya, masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan balloon whisk hingga rata. Tambahkan ragi instant kmd aduk rata. Tutup dengan serbet dan diamkan selama 30 menit.

Setelah 30 menit, adonan sudah mengembang. Tambahkan soda kue dan telur, lalu aduk sampai rata, terakhir tambahkan margarin cair.

Panaskan cetakan martabak mini, masukkan adonan ke dalam cetakan sampai setengah penuh. Tekan bagian tengah dengan sendok sayur agar membentuk pinggiran martabak hingga crispy (kesukaan Dinara nih). Biarkan sampai berlubang-lubang, tutup dan biarkan hingga matang lalu angkat (gunakan api kecil agar tidak hangus).

Setelah diangkat segera olesi dengan margarin, lalu taburi dengan meises/keju parut dan susu kental manis. Segera nikmati selagi hangat.

Oiaa, cetakannya kan ada 7 loyang kecil tuh, utk resep diatas jadinya lebih dari 4 kali masak jadinya sekitar 30an buah martabak mini. Cocok untuk cemilan sore anak-anak, ato bisa juga untuk bekel sekolah.
Terus bikinnya bisa ajak anak-anak loh karena kan bikinnya gampang banget tuh, mereka bisa bantu aduk-aduk ato bikin taburan martabaknya, pasti anak-anak seneng deh.


*sumber resep asli akan segera dicantumkan, lupa euy browsingnya udah lama banget soalnya


 Martabak mini nikmat selagi hangat

Horeee berhasil, bagian tengahnya berlubang-lubang sesuai resep *maklum amatiran

No comments:

Post a Comment