Wednesday, September 14, 2016

New Recipe : Dendeng (turn into Empal) Batokok



Niat awalnya pengen bikin dendeng batokok berbekal resep dari sini, tapi jadinya malah kayak empal. Tapi kok jadinya enaak jugaa (dimaapin lah yaa muji masakan sendiri), kk Dinara sampe ketagihan minta dibekelin buat sekolah juga katanya, emang ini anak doyan segala macam olahan masakan daging sih apalagi yang dibakar ato digoreng berbumbu macam empal gini, sampe Ayahnya ga kebagian hahahah.

Sumber resep : sajian sedap
Recook : by me

Bahan-bahan :
500 gr daging has dalam
3 bh asam kandis
air secukupnya untuk merebus hingga daging empuk

Bumbu halus :
5 siung bawang putih
1 sdm ketumbar
2 cm jahe
2 sdt garam

Bahan sambal :
12 btr bawang merah
15 bh cabe hijau besar
4bh tomat hijau belah empat
3 lb daun jeruk (saya skip)
garam secukupnya
minyak untuk menumis

Cara memasak :
1. Lumurin daging dengan asam kandis dan bumbu halus.
2. Rebus dengan air hingga empuk, angkat, iris tipis, kemudian memarkan.
3. Goreng sampai kering dan tiriskan.
4. Untuk sambal : tumbuk kasar bawang merah, cabe hijau, tomat hijau, kemudian tumis hingga harum.
5. Masukkan daging hingga tercampur rata.

Hanya saja untuk sambal hijaunya tampaknya saya nge-blend-nya terlalu halus padahal cuma sebentar loh. Emang diresepin untuk ditumbuk kasar sih, cuma kan yaa males banget ngulek-ngulek pake cobek kecil punya Mbah Uti, kan lamaa tuh jadinya. Terus juga ternyata saya motong dagingnya terlalu kecil dan mungkin juga kurang tipis jadi sama sekali gak bertekstur kayak dendeng, jadinya kayak empal walaupun tetep empuk.

Tapi afterall, tetap enak kok rasanya, maybe next boleh ditambahin cabe rawit hijau beberapa buah biar ada rasa pedes-pedesnya dikit, soalnya cabe hijau besar gak pedes sama sekali.


No comments:

Post a Comment