Friday, February 19, 2016

Dear Thesis, I'll Beat You !!

Entah kenapa yahh halo denger kata-kata thesis duh berasa kyk dihantui sesuatu yang ga jelas apaan.     Serius!! Hidup kok kyknya ditantang bgt sm si thesis ini, mungkin krn setelah bertahun-tahun ga pernah mikir berat dan udah lupa juga dulu gimana ceritanya bisa bikin skripsi krn udah berabad-abad lamanya. Msh blm kebayang rasanya gimana bisa bikin penelitian yang baik dan pantas dijadikan tolak ukur kelulusan program magister di PTN yang konon katanya (salah satu) terbaik di Indonesia. Dan mulai semester 3 ini perjalanan thesis itu beneran dimulai. Setelah 1 minggu yll akhirnya daftar pembimbing thesis dipublish oleh jurusan, berkuranglah sedikit kegalauan walaupun juga ga bikin jd tenang sihh *eh jd gmn ini mksdnya*.

Agak sedikit kecewa pastinya setelah tau pembimbing yg ditentuin jurusan ternyata bukan pak profesor favorit yg udah diincer sejak pertama masuk kuliah, tapii yaa mau gimana lagi. Tetap berpositif thingking aja pembimbing-nya baik hati dan mudah diajak koordinasi, walaupun banyak info-info dr tmn-tmn yg pernah dibimbing sm beliau blg bahwa si pak dosen yg satu ini agak-agak unik gitu orangnya dan sedikit perfeksionis. But somehow, sy pribadi sih berasanya kok yaa biasa aja gt, mungkin yaa krn belum pernah daan mudah-mudah aja yaah ga pernah pny pengalaman ga asik sm beliau *knock the wood dehh*. Karena target tetap ga berubah, bisa wisuda bulan Oktober 2016, jd msh ada sedikit waktu luang jd pengangguran asik sblm back to work bulan Januari 2017, amiiiinn ya Allah.

Eneg juga rasanya kalo dipikir-pikir tiap minggu bisa 4 kali beperjalanan bolak balik Bintaro-Jatinangor/Bandung, yang tiap perjalannya paling engga butuh waktu 4 jam. Iya kalo perjalanan lancar, nahh kalo ada kecelakaan di jalan tol bisa-bisa jarak Bandung-Jakarta butuh waktu 8 jam kyk yg pernah sy alami semester 2 yll. Belum lagi biaya perjalanan yang udah ga keitung banyaknya. Emg sihh semua keputusan membawa resiko tersendiri, tapi paling engga saya cukup beruntung bisa mengenyam pendidikan paska sarjana gratisan dari kantor, di PTN Favorit lagi, dapet temen-temen kuliah yang asik dan seru, gak kalah asiknya sama temen-temen di kantor, plus punya lbh bnyk quality time bareng anak-anak dibanding saat sedang berdinas, walaupun minimal 3 hari/minggu harus jauh dari suami dan anak tapi yaahh Bintaro-Bandung/Jatinangor kan ga jauh-jauh amat yaa, paling cuma encok-encok dikit di jalan hahaha.

Tapi biar bagaimanapun paling engga 1 th lebih sdh terlewati, so far alhamdulillah semua berjalan lancar dan baik-baik ajah. Tinggal 10 bulan kedepan yang menanti untuk ditaklukkan. Kalo kata Martin Luther King "courage is the power of mind to overcome fear", jadi mulai saat ini the power of mind-nya harus ditingkatin buat ngalahin "ketakutan" terhadap si thesis. Yakin bisa menyelesaikan tugas belajar ini sesuai target (insya Allah).


No comments:

Post a Comment