Saturday, September 5, 2015

Kulineran Murah Meriah Maknyus di Magelang

Kupat Tahu "Tahu Pojok", terletak di Jalan Tentara Pelajar No. 14, katanya si ibu yang punya sih usaha Kupat Tahu ini merupakan usaha turunan orang tuanya yang sudah dimulai sejak tahun 1947an. Trus saya penasaran dong kenapa dinamakan Tahu Pojok, padahal lokasinya warung/tokonya sama sekali engga di pojok. Ternyata dulunya sih lokasi awal emang rada dipojokan tapi lama-kelamaan krn perkembangan kota si warung/toko ini malah berada di tengah kota. Tahu Pojok ini buka dari jam 9.30an sampe habis kira2 jam 5an sore ato jam 7an malam tentatif lah pokoknya. Hanya sj sygnya kmrn ga sempet nanya berapa harga per porsi, cuma kmrn qt makan bertiga plus minum  2 es teh manis dan 1 es jeruk + kerupuk +bakwan/tahu total habis Rp 58.000 sajah, lumayan murah kan??
Sebenarnya sih menurut saya pribadi kupat tahu ini rada2 mirip sama tahu campur khas Jawa Timur-an, hanya sj ga pake petis, selada, tetelan/kikil, perkedel singkong (apa yaa namanya), laah kalo gt banyak dong bedanya ya hahaha. Nah pokoknya si Tahu Campur ini terdiri dari kupat sm tahu (yaa pastinya yaaa), bakwan, tauge, kol, seledri, bawang goreng, lalu disiram kuah kacang manis gurih, pokoknya enaak deh, bahkan menurut saya yang lidah Sumatera si Tahu Pojok ini bikin ketagihan.
Sebenarnya di Jl. Tentara Pelajar ini ada beberapa warung/toko yang Kupat Tahu yang lokasinya sangat berdekatan tapi katanya sih yang paling rame yaa Tahu Pojok ini, terbukti dari beberapa foto yang dipajang di dinding ada beberapa toko mantan Presiden SBY dan Ibu Ani sedang makan disitu, ada juga beberapa pejabat lainnya yg pernah makan disitu terlihat dari foto yang di pajang. Hanya yang perlu diperhatikan Tahu Pojok ini tempatnya rada sempit jadi kalo pas jam makan siang jd agak crowded.



Tengkleng, Tongseng, dan Sate Kambing "Pak No". Sebenarnya sih ini bukan kuliner khas Magelang soalnya di kota-kota lain jug ada kan, tapi patut dicoba loh!! Awalnya sih saya dpt referensi dari sini dan setelah qt coba ternyata bikin nagiiihhh. Beralamat di Jl. Kalingga deket pertigaan hotel Sumber Waras, buka dari jam 5an sore hingga jam 9an malam (pokoknya sampe habis kata si Mas-nya). Menunya sate kambing/sapi, tongseng kambing/sate, tengkleng kambing/sate, nasi godhog, nasi gule. Malam itu kami pesen tengkleng, tongseng, dan sate kambing 1/2 porsi, plus teh tawar anget. Si suami sampe kepengan nambah lohh kalo ga ditahan hahaha, enak sih nasinya pulen, bumbunya tengkleng dan tongseng berasa banget tapi ga eneg, daging kambingnya empuk, gurih kuah tongseng/tengklengnya pas banget. Plus tambah nasi total habisnya hanya 60an ribu rupiah, murah banget lah kalo dibandingin sama makanan sejenis di Jakarta, tapi masalahnya krn ini warung kaki lima pinggir jalan gitu jadi banyak pengamen/pengemis trs meja kursinya ga banyak jd kalo pas lg rame mesti sabar antre tunggu bangku/meja yang kosong. Yang pasti, kalo kapan-kapan balik ke Magelang qt pasti makan disitu lagi worth it banget.


Sebenarnya sih banyak banget katanya kulineran enak di Magelang ini tapi karena qt kesini hanya sebentar jadi ga sempet icip-icip ke banyak tempat. Kapan-kapan lah kalo kesni lagi baru menjelah kuliner lainnya.

No comments:

Post a Comment