Thursday, May 21, 2015

Sarapan Hari Ini : Nasi Uduk Komplit


Dari tadi malam kepikiran pengen bikin nasi uduk, lsg browsing trs bangun pagi2 ke warung nyari kelapa parut. Alhamdulillah kesampean deh :))

Tapi difoto kok porsinya jumbo banget yaahh, ini menu sarapan apa makan siang sih hahahaha. Eniwei bagi yang sedang diet, ini sih sbnrnya bkn ide bagus yaa, abisnyaa ini menu full calories dan Indonesia banget :D. Tp buat Ayah mah gpp lah soalnya kan skalian bwt makan siang biar irit hihihi *becanda kok Yaahh

Setelah browsing berbagai resep dan cara masak, akhirnya sy coba bikin versi sendiri utk nasi uduknya, dengar takaran kira-kira, maap yaa secara ini yg masak amatiran pake banget.

Resep Nasi Uduk :

Bahan-bahan
Beras 1,5 kaleng susu kental manis *takaran jadul
Santan kental + santan encer dari 1/2 butir kelapa
Daun salam 2 lembar
Daun pandan secukupnya
Sereh 2 batang digeprek
Bubuk ketumbar seujung sdt
Garam halus secukupnya

Cara memasak
Campurkan beras, santan secukupya, daun salam, daun pandan, sereh, bubuk ketumbar, garam, lalu aduk rata. Kemudian di-aron di panci. Setelah santan kering, kmd kukus sampai matang.

Resep Balado Udang

Bahan-bahan
Udang segar kupas, sisakan buntutnya 1/4 kg
Cabai merah 8 buah/sesuaikan
Bawang merah 5 butir/sesuaikan
Bawang putih 3 butir/sesuaikan
Saos tomat 2sdm
Saos sambal 1 sdm
Gula pasir
Garam secukupnya
Air sedikit

Cara memasak
Goreng udang setengah matang, tiriskan. Haluskan cabai, bawang merah, bwang putih. Kemudian tumis sampai harum, lalu tambahkan gula, garam, saos tomat, saos sambal, beri sedikit air, didihkan. Lalu masukkan udang, aduk sampai rata, lalu angkat.


Resep Kering Kentang (resep turunan versi Nyai)

Bahan-bahan
Kentang kupas, potong-potong, jumlah dan jenis potongan dpt disesuaikan (potong korek api ataupun potong pipih spt keripik)
Bumbu halus : cabe merah, bawang merah, bawang putih, jumlahnya juga sesuaikan sendiri yaa yg jelas komposisi bawang merah dan bawang putih 2:1
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya
Cuka masak

Cara memasak
Kentang yang telah dipotong-potong direndam sebentar dg air kapur (kl kt Nyai sih spy kentang krispi). Lalu cuci bersih dan rendam sebentar dengan air garam sebelum digoreng. Saat menggoreng jgn lupa sambil diacak supaya ga saling nempel dan supaya kering merata. Setelah berubah warna dan kering, angkat kentang.
Tumis bumbu halus, beri gula pasir dan garam, beri sedikit cuka masak, aduk cepat spy tidak saling menggumpal. Lalu masukkan kentang yang tlh digoreng, bila perlu aduk menggunakan 2 buah sutil spy bumbu cabai merata. Kemudian angkat dan dinginkan.

Pelengkap :

Tempe goreng tepung
Telur dadar, diiris tipis
Bawang goreng
Mentimun


No comments:

Post a Comment